Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dari SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat juga dapat membuat kamu akan merasa tidak nyaman dan bahkan dapat mengganggu kamu dalam beraktivitas. Ketika mengalami hidung tersumbat, maka kamu akan mengalami kesulitan untuk bernapas. Ada banyak penyebab yang membuat kamu mengalami hidung tersumbat. Yakni gangguan dapat disebabkan iritasi karena menghirup polusi udara, baik itu dari asap kendaraan ataupun dari paparan asap rokok.

Kemudian penyebab lain dari hidung tersumbat ataupun mampet yakni terjadinya peradangan yang ada di saluran pernapasan sehingga struktur di dalam hidung juga mengalami pembengkakan. Pada kondisi ini umumnya akan terjadi akibat flu atau selesma, alergi, ataupun infeksi sinus. Masakan hidung tersumbat merupakan masalah yang sering dianggap sepele dan kebanyakan orang juga akan mengonsumsi obat flu ataupun pereda hidung tersumbat untuk dapat meredakannya.

Namun sebenarnya masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk bisa mengatasinya sehingga kamu tidak perlu mengonsumsi obat-obatan. Karena dengan mengonsumsi obat-obatan yang tidak tepat bisa menimbulkan efek samping atau berbahaya di kemudian hari. Maka dari itu, kamu bisajuga  memanfaatkan cara-cara alami dan tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk mengatasinya. Nah dibawah ini ada cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami, yang mudah dilakukan, dan murah dari artikel kesehatan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Mandi dengan Air Hangat

Untuk cara mengatasi hidung tersumbat pertama yaitu dengan mandi menggunakan air hangat. Karena hal ini juga akan membantu mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan di sinus.

Walaupun tidak menjamin akan menghilangkan hidung mampet seutuhnya, tali dengan mandi air hangat akan membuat kamu merasa lebih nyaman selama beberapa saat.

2. Mencukupi Asupan Cairan

Hidrasi ataupun kecukupan cairan merupakan satu di antara kunci untuk bisa mengatasi hidung tersumbat. Maka, kamu harus pastikan bahwa kamu selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap harinya, terutama ketika hidung sedang mampet.

Untuk cairan yang akan membantu mengatasi peradangan dan juga mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan lebih terasa lega. Kemudian kamu juga dapat menggunakan air dengan suhu biasa atau air hangat.

3. Bisa Kompres Hangat pada Hidung

Ada satu di antara cara alami selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat yang sederhana ialah dengan melakukan kompres hangat pada bagian hidung dan wajah. Melakukan kompres hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh sinusitis dan melegakan hidung. Sehingga kamu dapat melakukannya dengan menggunakan waslap yang dibasahi oleh air hangat.

4. Memijat hidung dan Pipi

Kemudian untuk mengatasi hidung tersumbat, maka kamu juga dapat melakukan pijat hidung dan pipi. Dengan tindakan ini juga dapat dilakukan bersamaan atau setelah kamu bisa mengompres hangat di area tersebut.

Kamu bisa lakukan pijatan dengan jari telunjuk. Kemudian pijat pada bagian tepi hidung selama 30 detik dan juga diulang sampai beberapa kali sampai kamu merasa lebih baik.

5. Melakukan Semprot Hidung dengan Air Garam

Cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan melakukan semprot hidung dengan air garam. Sehingga kanu dapat menggunakan produk nasal saline spray yang juga memang mengandung air garam atau saline. Atau sebuah cairan garam yang dapat membantu mengencerkan lendir dan dapat melembapkan saluran pernapasan. Bukan hanya itu kamu juga bisa mengonsumsi obat dekongestan sebagai pereda hidung tersumbat yang mengandung bahan alami.