Rambut merupakan bagian dari tubuh manusia yang keluar dari dalam kulit dan kulit kepala, untuk rambut sendiri tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga saat rambut ini dipangkas tidak akan terasa sakit. Rambut selain berfungsi sebagai MAHKOTA bagi kaum hawa, rambut juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas teriknya matahari dan di cuaca dingin. Rambut juga harus dilakukan tutorial rambut dan perawatan secara teratur supaya rambut anda tetap sehat, indah, dan berkilau.

Rambut SEHAT adalah rambut yang nasa pertumbuhannya yang cukup cepat dan panjang dan mempunyai kelembaban kulit yang cukup serta didalam bagian dari dasar rambut juga mengandung sel-sel melanosit yang cukup untuk menghasilkan melanin (Zat warna rambut/pigmen) dan sel-sel yang mengsintesakan keratin keras (hard keratin) sebagai dasar dari pembentukan rambut sehingga rambut anda akan tampak hitam berkilau, mudah diatur dan mempunyai akar rambut yang kuat.

Kepangan termasuk cara mudah untuk menjadikan rambut anda tampil lebih bergaya sekaligus membuatnya terlihat rapi. Tanpa harus menggunakan hiasan rambut yang membuat rumit pun rambut sudah terlihat tampil lebih modis. Hanya diperlukan teknik memilin dan mengikat untuk membuat kepangan yang bagus. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara mengepang rambut panjang dengan menggunakan cara kepangan ala Perancis

Rambut panjang bisa ditata dalam aneka gaya kepang. Paling sering dengan kepang klasik atau french braids. Biasanya disebut juga dengan istilah kelabang tempel.

Bagaimana sih caranya mengepang rambut panjang dengan memakai gaya seperti french braids?

Berikut ini adalah tutorial dari cara mengepang rambut yang panjang dengan model atau gaya seperti french braids, kepang Perancis, atau kelabang tempel.

Kumpulkan sejumlah rambut dari bagian tengah atas kepala. Jangan mengambil terlalu banyak dan usahakan rambut yang terkumpul tumbuh dari garis rambut yang sejajar agar terlihat rapi.

Bagi rambut yang sudah anda kumpulkan tadi dibagi menjadi tiga bagian dengan ketebalan rambut yang sama. Peganglah dua bagian rambut yang dikumpulkan tadi dengan menggunakan satu tangan, dan untuk bagian rambut yang ketiga dipegang menggunakan tangan yang satunya.

  • Mulailah membuat kepangan klasik dari bagian paling atas dan tengah kepala, tepat di atas dahi. Silangkan bagian kiri ke tengah, kanan ke tengah, dan ulangi terus sampai Anda berhasil membuat beberapa baris kepangan biasa.
  • Tambahkan sejumlah rambut lagi dan buat kepangan sampai beberapa baris. Tambahkan rambut lagi, lalu kepang lagi sampai beberapa baris. Begitu seterusnya sampai kepangan tak lagi menempel pada kulit kepala.
  • Sisa dari rambut ini anda selesaikan dengan memakai cara kepang biasa sampai mendekati dari ujung rambutnya. Ikat dengan karet rambut agar tidak mudah lepas.

Cara mengepang rambut anak dengan gaya klasik

Untuk mengepang anak-anak, kita bisa mencoba memakai cara mengepang rambut dengan gaya klasik (biasa) atau kepang ala Perancis. Keduanya bakal membuat penampilan anak terlihat lebih rapi dan feminin. Namun untuk kali ini kita akan mencobanya menggunakan cara mengepang rambut anak yang paling sederhana, yaitu dengan gaya kepang klasik.

Berikut ini adalah tutorial yang menerangkan step by step dari cara mengepang rambut anak dengan gaya klasik dengan kepang ganda.

  1. Belah rambut anak dengan sisir menjadi dua bagian yang sama. Sisihkan bagian kiri dengan menyampirkannya ke depan bahu,
  2. Bagi rambut sebelah kanan menjadi tiga bagian yang sama rata. Mulailah mengepang rambut dari tengkuk. Silangkan bagian kanan ke tengah, sehingga bagian tengah berubah jadi di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah, sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai kepangan mendekati ujung rambut. Sisakan sedikit rambut pada bagian ujungnya, kemudian ikat rambut dengan menggunakan karet rambut.
  3. Ambil rambut bagian kiri, belah menjadi tiga bagian yang sama, kemudian kepang dengan proses yang sama seperti rambut sebelah kanan. Ikat ujungnya dengan karet rambut. Boleh juga diikat lagi dengan pita agar terlihat semakin manis.

Demikian cara mengepang rambut anak dengan kepang klasik. Rambut anak juga bisa dikepang dengan memakai model kepang seperti kepang Perancis, kepang ekor kuda, atau kepang kecil-kecil. Pastikan untuk tidak mengepang terlalu kencang agar akar rambut tidak tertarik dan menyebabkan sakit kepala. Itulah beberapa cara untuk mengepang rambut untuk anda dan anak anda, semoga menjadi salah satu referensi terbaru untuk anda!.