Cara Mengganti Background Zoom Di Laptop Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Jan 29, 2021
Mengganti Background Zoom

Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai menuntut kita untuk bisa beradaptasi dengan keadaan baru yang dalam istilah popular dikenal dengan new normal. Keadaan baru ini diwajibkan dibeberapa daerah oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Dengan diwajibkanya new normal banyak dari beberapa aspek kehidupan yang terkena imbasnya. Dibidang perekonomian beberapa komoditas yang ada di pasar sempat melonjak tinggi. Selain berdampak pada bidang perekonomian, new normal ini juga berdampak terhadap dunia pendidikan. Sekolah-sekolah yang biasanya masuk setiap hari harus diliburkan karena rawan menjadi tempat penularan virus corona.

Dunia pendidikan yang sempat diliburkan beberapa saat pada akhirnya memilih untuk melakkan terobosan terbaru agar proses pembelajaran masih tetap berlangsung. Alternatif yang dipilih adalah berusaha menggunakan aplikasi tatap muka via daring. Karena tergolong sebagai hal baru tenaga kependidikan dan peserta didik digencarkan dengan sosialisasi pembekalan mengenai bagaimana cara memaksimalkan beberapa layanan tatap muka via daring agar materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik pada peserta didik. Dari beberapa aplikasi tatap muka via daring yang digunakan zoom meeting dan Google Meeting adalah dua aplikasi yang paling banyak dignakan.

Penggunaan Zoom atau Google meeting ini lebih banyak diminati karena memiliki fitur yang menarik. Kalian bisa melakukan presentasi dengan fitur share screen dan memberikan penjelasan secara bersamaan. Kualitas audio dan visual kedua aplikasi ini juga sangat mendukung sebagai pengganti pertemuan langsung yang biasa kita lakukan. Audio yang ditampilkan oleh zoom dan Google Meet terbilang sudah bagus karena output suara terdengar jelas. Sementara itu visual juga mempuni karena dapat menampilkan video yang bagus dan tidak blur. Kedua aplikasi ini juga terbilang hemat kuota sehingga kalian tidak perlu khawatir kehabisan paket kuota.

Saat ini Zoom banyak digunakan oleh para pekerja, mahasiswa, maupun pelajar khususnya di Indonesia untuk mengganti interkasi keseharian yang biasa dilakukan. Bagi pengguna Zoom yang masih awam mungkin banyak yang belum mengenal fitur Virtual Background. Fitur bisa Kalian gunakan untuk mengganti latar belakang saat melakukan pertemuan online agar terlihat lebih menarik. Kalian dapat mengubah background Zoom dengan menggunakan gadged ataupun laptop. Namun ketika ingin mengganti bacground tadi di gadged ada persyaratan khusus yaitu kalian harus menggunakan perangkat IOS.

Untuk mengganti background Zoom tidaklah sulit, berikut ini adalah langkah-langkah cara mengganti background Zoom di laptop:

  1. Buka aplikasi Zoom dan login ke akun
  2. Klik profil di kanan atas, kemudian pilih menu ‘Settings’
  3. Pilih ‘Background & filters’
  4. Klik ‘Virtual background’
  5. Klik tanda centang ‘I have a green screen’
  6. Anda dapat memilih beberapa background yang disediakan Zoom dengan cara mengklik
  7. Klik tanda plus lalu pilih ‘Add Image’ jika Anda ingin menambah background kreasi sendiri

Selain cara tersebut kalian juga bisa menggunakan cara lain dengan mengikuti tips berikut ini.

  1. Buka aplikasi Zoom di desktop
  2. Lalu klik Virtual Background pada menu yang ada di bagian kiri
  3. Setelah itu akan tampil pilihan latar belakang default yang dimiliki Zoom.
  4. Pilih salah satu dari background tersebut dengan mengklik backgroundnya, lalu secara otomatis latar belakang Anda akan berubah.

Hal yang perlu diingat Zoom kalian harus sudah versi 5.1.1 atau lebih tinggi agar gambar background yang diunggah dapat dilihat. Setelah selesai melakukan beberapa langkah tadi, background kalian akan berubah sesuai gambar yang tadi dipilih.