Lalat merupakan salah satu serangga yang cukup menganggu kehadirannya di dalam rumah. Lalat sering hinggap di makanan dan minuman dan akan menyebarkan penyakit di makanan yang dihinggapinya, lalu bagaimana cara mengusir lalat, kita simak dibawah ya.

Lalat merupakan serangga yang membawa kuman cukup banyak. Serangga kecil ini bisa membawa sekitar 100 kuman. Kuman-kuman tersebut termasuk antaraks, tipus, tuberkolosis, dan diare.

Reproduksi dan Perkembangan dari Lalat:

Alat kelamin dari lalat yang berjenis kelamin betina diputar sampai tingkatan tertentu dari posisi yang sudah ditemukan pada serangga lainnya. Dalam beberapa lalat, ini adalah rotasi sementara selama kawin, tetapi di lain, itu adalah torsi permanen organ yang terjadi selama tahap kepompong. Torsi ini dapat menyebabkan anus dari lalat yang terletak di bawah alat kelaminnya, atau, dalam kasus 360 ° torsi, pada saluran sperma yang melilit usus, meskipun organ eksternal berada pada posisi yang biasanya.

Ketika lalat melakukan perkawinan, jantan yang awalnya terbang di atas betina, dan menghadap ke arah yang sama, tetapi kemudian posisinya akan berbalik menghadap ke arah yang berlawanan. Hal ini akan memaksa si jantan untuk berbaring di punggung betinanya supaya alat kelamin dari si jantan tetap menempel di kelamin lalat betina. Hal ini menyebabkan lalat memiliki tingkat reproduksi yang lebih dari sebagian besar jenis serangga lainnya. Lalat menjadi populasi serangga yang sangat besar karena kemampuan mereka untuk melakukan perkawinan secara efektif dan dalam waktu yang sangat singkat selama musim kawin mereka.

Betina meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan (seperti pada buah yang hampir matang), memungkinkan larva mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum berubah menjadi dewasa. Telur menetas segera setelah diletakkan, atau lalat yang ovoviviparous, dengan penetasan larva dalam tubuh induk. Setelah muncul dari bentuk semulanya pupa, lalat dewasa jarang hidup dalam waktu yang lama beberapa hari saja, dan berfungsi terutama untuk mereproduksi dan untuk mencari sumber makanan baru.

Cara Mengusir Lalat Secara Alami:

  1. Letakkan Tanaman Pengusir Serangga

Ada beberapa tanaman yang dibenci lalat. Tanaman yang dapat mengusir lalat antara lain adalah tanaman pandan, kemangi, lavender, salam, mint, tomat, marigold, dan masih banyak lagi.

Anda dapat menanamnya disekitar rumah atau membawanya masuk sebagai tanaman hias di ruang tamu. Tidak hanya dapat mengusir lalat saja, aroma dari tanaman-tanaman trsebut juga dapat mengharumkan seluruh ruangan dirumah anda.

Selain itu Anda juga dapat menaruh irisan pandan atau kemangi pada mangkuk kecil untuk mengusir lalat didalam rumah. Tempatkan beberapa tangkai bunga lavender di bagian ruangan dari rumah anda, lalat pun dijamin akan kabur dengan sendirinya.

  1. Irisan Jeruk Lemon dan Cengkih

Seperti disebutkan sebelumnya, lalat tidak menyukai aroma wewangian. Anda dapat menggunakan kombinasi antara jeruk dan cengkih untuk mengusir lalat.

Ambil irisan jeruk lemon lalu tancapkan cengkih kering di atasnya. Taruh di tempat yang biasa dikerubungi lalat. Aroma tajam dari kedua bahan tersebut juga dipercaya bisa untuk mengusir lalat dan serangga dirumah anda.

  1. Mengusir Lalat dengan Alat Sederhana

Plastik Bening yang diisi dengan Air. Cara ini sudah banyak digunakan orang untuk mengusir lalat yang menganggu dan terbukti ampuh. Anda cukup menyiapkan plastik bening atau plastik es. Isi air ke dalam plastik bening lalu gantungkan plastik bening yang sudah diisi air pada area yang banyak lalatnya. Plastik yang diisi air dapat memecah fokus penglihatan lalat.

Lalat juga memiliki sekitar 3000 sampai 6000 mata pada setiap bulatan matanya, plastik bening berisi air ini akan membuat fokus dari mata lalat pecah dan tidak bisa fokus pada satu titik saja. Ketika mereka melihat kantong plastik yang berisi air, mata lalat akan terkena pembiasan dari kantong plastik tersebut yang membuat mata lalat tidak bisa fokus dan akan pergi menjauhinya.

Namun cara ini hanya dapat digunakan pada ruang dengan pencahayaan yang baik. Semakin terang ruang akan membuat pembiasan lebih maksimal.

  1. Nyalakan lilin

Lalat juga sama seperti nyamuk tidak menyukai asap dan akan cenderung menjauhi lokasi yang berasap. Mengusir lalat menggunakan lilin sudah umum dilakukan, mungkin Anda sering melihat rumah makan yang menaruh lilin didapur atau mejanya.

Kilatan api serta hawa panas dan asap dari lilin yang menyala dapat membuat lalat langsung kabur. Taruh lilin di tempat biasanya lalat berkumpul seperti di dapur atau di meja makan. Dijamin lalat tak akan berani berkeliaran disekitar tempat tersebut. Anda juga bisa menggunakan lilin aroma terapi supaya ruangan di rumah Anda menjadi lebih nyaman dan pun lalat tidak mau lagi untuk berkeliaran di dalam rumah anda.