Cara Sederhana Membuat Asinan Sayur yang Segar dan Menyehatkan

  • 2 min read
  • May 07, 2021
Cara Sederhana Membuat Asinan Sayur

Tubuh kamu membutuhkan serat yang cukup supaya badan tetap sehat dan bugar. Kebutuhan serat bisa kamu penuhi dari sayuran. Tapi sayang kamu tidak suka makan sayur. Tenang, jika tidak suka makan sayur, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat semangkuk asinan sayur yang menyegarkan.

Selain menyegarkan, asinan sayur juga baik untuk kesehatan tubuhmu. Yuk penuhi kebutuhan serat harianmu, dengan membuat asinan sayur. Berikut cara sederhana membuat asinan sayur yang segar dan menyehatkan :

  1. Siapkan Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan:

  • Sawi asin 150 gram, cuci bersih lalu potong-potong
  • Lokio 100 gram
  • Ketimun 2 buah, diiris tipis bulat
  • Tauge 100 gram, siangi
  • Kol tanpa tulang 100 gram, diris-iris tipis
  • Tahu 1 buah, kukus lalu dipotong kotak-kotak
  • Daun selada 8 lembar, dipotong kasar
  • Kerupuk kuning 8 buah, digoreng
  • Kacang tanah 50 gram, digoreng untuk taburan
  • Air 750 ml
  • Cuka ½ sendok makan
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula merah 75 gram, disisir
  • Gula pasir 50 gram

Bumbu Halus:

  • Kacang mede 100 gram, dicincang kasar, oven, atau sangria
  • Kacang tanah 75 gram, disangrai
  • Cabe merah 4 buah, disangrai
  • Cabe rawit 4 buah
  • Ebi 25 gram, seduh sangria
  1. Cara Membuat Asinan Sayur

  • Rebus air bersama bumbu halus, garam, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan mengental.
  • Tambahkan cuka, lalu diaduk rata dan dinginkan. Tata sayuran, tahu, dan kacang tanah goreng diatas piring.

Mengonsumsi asinan sayur tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan serat harian saja. Namun, masih banyak manfaat baik lainnya dari makanan ini untuk kesehatan tubuh, seperti :

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tentu saja badan kamu bisa lebih kebal terhadap berbagai serangan dari lingkungan luar jika kebutuhan asupan mineral dan vitamin tercukupi. Saat ini ada banyak infeksi virus dan bakteri yang akan mengancam kesehatan tubuh kamu. Karena itu, kamu harus mensiasatinya dengan mengkonsumsi sayuran. Salah satunya asinan sayur.

  • Menyehatkan Mata

Beberapa sayuran yang diasinkan mengandung vitamin A seperti wortel yang memang sudah sangat dikenal dengan kemampuannya yang dapat menyehatkan dan mempertajam penglihatan. Pada sayuran yang berwarna ungu terkandung zat antosianin yang memiliki kemampuan dapat membantu menjernihkan penglihatan dimalam hari.

  • Obat Awet Muda Alami

Pakar kecantikan berpendapat bahwa kandungan likopen pada asinan sayur bisa menjadi obat awet muda yang alami dan aman untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin maupun mineral yang berperan sebagai antioksidan bisa membantu mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas.

  • Lawan Radikal Bebas

Radikal bebas bisa memberi dampak buruk pada kesehatan dan kecantikan jika tidak segera diatas. Salah satu cara untuk melawan radikal bebas ini adalah dengan mengkonsumsi asinan sayur. Selain itu terdapat kandungan betakaroten pada wortel yang juga berperan sebagai antioksidan untuk menstabilkan radikal berinti karbon.

  • Mengurangi Resiko Hipertensi

Sering mengonsumsi asinan sayur juga dipercaya dapat membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan hipertensi.

Sekarang kamu sudah tahu bahwa mengonsumsi asinan sayur ternyata tidak hanya dapat memanjakan lidah saja, namun juga bisa memberi manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh.