Daftar Stik PlayStation Terbaru 2021

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021
Stik PlayStation Terbaru

PlayStation sudah muncul beberpa tahun yang lalu, dengan kurang lebih 25 tahun silam pada perindustrian game. Dalam perjalanan kurun waktu tersebut, konsol game besutan dari perusahaan Sony ini telah mengalami banyak perubahan, tak terkecuali pada “stik” alias controller yang digunakan  untuk mengendalikan game di layar.

Melihat dari sisi perkembangan stik PlayStation, perusahaan Sony pun mulai mengawali evolusi controller PS dari tahun 1994 sampai Maret 2020, pada saat stik PS5 diperkenalkan. Perangkat kendali itupun dengan perlahan-lahan mengalami fase-fase perubahan desain dan penambahan fitur dari masa-kemasa.

Conteller PlayStation generasi pertama

Untuk stik PS generasi pertama kali diluncurkan oleh Sony adalah konsol dan controller PlayStation pada tahun 1994 di Jepang. Dengan desain stik yang mana terinspirasi dari Super Nintendo Entertainment System (SNES), memiliki handle bentuk yang memanjang di sisi kanan dan kiri untuk pegangan tangannya. Pada controller generasi pertama dimasa yang akan mendatang identic dengan konsol PlayStation, disediakan tombol (D-pad) dan beragam tombol aksi yang berbentuk segitiga, persegi, bulat, maupun silang.

Menurut perancang PS generasi pertama, tombol aksi berbentuk bulat dan silang dengan merepresentasikan pilihan “ya” dan “tidak” dengan bentuk persegi yang menyerupai kertas dimaknai sebagai menu. Adapun tombol segitiga dianalogikan sebagai tombol sudut pandang. Bahkan perusahaan Sony juga telah meluncurkan tombol L1, R1, L2,dan R2 yang berada di sisi atas.

PlayStation Dual Analog Controller

Pada PlayStation Dual Analog Controller peluncurannya pada tahun 1997, yang tidak jauh berbeda dengan controller generasi pertama. Yang membedakan antara controller generasi pertama dengan PlayStation Dual Analog Controller adalah adanya tambahan 2 joystick analog yang dirancang khusus untuk memainkan game yang berjenis sebagi berikut : Ace Combat 2, Colony Wars, dan Mech Warrior 2.

DualShock

Pada DualShock ini, Sony merilis sama saja tahunnya dengan PlayStation Dual Analog Controller di tahun 1997. Bentuknya pun sama seperti PlayStation Dual Analog Controller, akan tetapi didalamnya terdapat sepasang motor yang akan mengguncang stik agar sesuai dengan aksi yang terjadi didalam game.

Pada bagian PlayStation Dual Analog Controller memiliki jenis yang berbeda dengan Dual Analog Controller. Permukaannya yang tidak cekung dengan menggunakan bahan karet. DualShock menjadi salah satu controller pelopor pada penggunaan jenis PS2 dan konsol PlayStation generasi seterusnya.

DualShock 2

Perilisannya pada tahun 2000 bersamaan dengan PS2. Perlu kita ketahui dari bentuk konsepnya pada DualShock 2 membawa pada konsep yang persis dengan controller sebelumnya. Dengan adanya sedikit perbedaan yang terjadi pada DualShock 2, diantaranya seperti konektor yang berbentuk persegi dan hadirnya tombol analog yang saat ini lebih sensitive terhadap tekanan.

DualShock 2 tersedia dengan beragam warna seperti stale grey, ocean blue, satin silver, dan ceramic white. Terdapat aksesoris tambahan. DualShock 2 digunakan dalam memainkan PS3. Akan tetapi pada semua jenis game yang terdapat pada PS3, tidak dapat dikendalikan oleh DualShock 2.

Sixaxis dan DualShock 3

Sony merilis Sixaxis pada tahun 2006 dengan bersamaan hadirnya PS3, dan memiliki controller wireless pertama. Eksistensi pada Sixaxis tidaklah bertahan lama hanya sampai 2008. Sixaxis akhirnya digantikan oleh DualShock 3. Pada perilisan DualShock 3 terjadi di tahun 2007, tempatnya di Tokyo Game Show.

DualShock 4

Masa akhir dari PS3, Sony pun akhirnya merilis sebuah konsol baru bernama PS4, Harga Stik PS4. Akhirnya Sony pun memberengi dengan perilisan pada DualShock 4. Dari penampilannya yang lebih signifikan, menjadikan DualShock 4 controller pertama dengan desain yang lebih besar.