Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin fokus penanganannya adalah mengatasi penyakit kulit dan juga kelamin baik itu pada pria maupun wanita. Umumnya di setiap rumah sakit besar pastinya akan memiliki spesialis yang satu ini, sehingga nantinya Anda mengalami keluhan-keluhan medis yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tersebut, maka dapat mempercayakan pengobatannya ke dokter ini. Memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya fokus dari pengobatan yang diberikan sendiri sangatlah banyak, mulai diantaranya adalah menangani kondisi yang sifatnya ringan, sampai dengan masalah yang cukup kronis.

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting dilakukan oleh siapa, tentunya agar terhindar dari beragam jenis penyakit. Termasuk diantaranya adalah kondisi kesehatan yang berhubungan dengan kuli dan juga kelamin ini. Seperti yang diketahui bahwa kelamin termasuk dalam organ tubuh yang sangat penting, baik itu untuk pria maupun wanita, karena berhubungan dengan sistem reproduksi nantinya. Hanya saja belakangan ini jumlah pasien yang terkena gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kelamin ini nyatanya juga sangat tinggi.

Penyakit yang menyerang sendiri jenisnya sangatlah bervariatif, mulai diantaranya adalah syphilis, gonore, klamidia sampai dengan HIV AIDS. Tentunya sangat berbahaya, apalagi sebagian besar diantaranya belum ada alternatif pengobatan yang benar-benar efektif untuk menyembuhkannya. Untuk itu ada baiknya bagi Anda untuk mencegah dibandingkan dengan mengobati, berikut ini ada beberapa tips pencegahan yang dapat Anda terapkan, yaitu:

  1. Jaga kebersihan organ vital tersebut, hal penting pertama yang harus dilakukan tak lain adalah dengan menjaga kebersihannya, setelah buang air kecil maupun besar usahakan untuk selalu mencuci bersih bagian kemaluan tersebut. Begitu juga setelah melakukan hubungan seksual atau hubungan intim bersama dengan pasangan, usahakan untuk langsung membersihkannya.
  2. Ganti celana dalam secara rutin, pastikan juga menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan nyaman juga tepat pemilihan ukurannya. Hal yang sepele namun sering kali tidak diterapkan, padahal dari celana dalam ini terkadang bakteri dan juga jamur bisa hidup dan menyebabkan terjadinya infeksi kelamin, tentunya sangat berbahaya bukan.
  3. Melakukan aktivitas seksual secara sehat, dianjurkan untuk tidak sering bergonta-ganti pasangan, karena bagaimanapun penularan penyakit menular seksual bisa berasal dari hal semacam ini. Selain itu dianjurkan juga menggunakan kondom saat berhubungan seksual, karena ini bisa mencegah terjadinya penularan penyakit kelamin.
  4. Melakukan vaksinasi, ada beberapa jenis penyakit kelamin yang dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi, sebut saja diantaranya adalah kanker serviks, kini sudah tersedia vaksinasi yang bisa Anda dapatkan di rumah sakit, hanya saja memang biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukannya tergolong cukup tinggi atau mahal.
  5. Rutin melakukan medical checkup, tak hanya pada diri sendiri, melainkan juga pasangan Anda, untuk mengetahui jika seandainya terdapat kemungkinan-kemungkinan masalah kesehatan yang menyerang Anda dan juga pasangan. Sedini mungkin mengetahui deteksi dininya, maka memungkinkan Anda untuk mengobati sedini mungkin, jadi hasil pengobatan yang diberikan juga lebih optimal pastinya. Karena terkadang beberapa jenis penyakit berbahaya yang menyerang kelamin ini tidak disertai dengan gejala yang mudah dideteksi, sehingga pengobatan yang dilakukan juga terlambat.

Periksa dan melakukan pengobatannya keĀ dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, pilihlah rumah sakit berkualitas yang memang memiliki tenaga ahli di bidang ini. Sekarang mulailah kebiasaan sehat untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.