Fakta Seputar Pengiriman Barang ke Malaysia

  • 3 min read
  • Jan 23, 2021
Pengiriman Barang ke Malaysia

Pengiriman barang ke Malaysia tentu jauh berbeda dengan mengirim barang antar-kota dan provinsi. Berbeda Negara, beda pula ketentuan yang harus dipenuhi. Indonesia juga menetapkan aturan pengiriman paket dengan berbagai pertimbangan.

Untuk mengurangi angka kecelakaan, angka kriminalitas, dll pemerintah menetapkan aturan ketat pada WNI yang ingin mengirimkan barang ke luar negri, termasuk ke Malaysia. Maka tidak heran ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengantarkan barang ke Negri Jiran. Jangan sampai barang terhambat karena ketidaktahuan pengirim tentang regulasi, apalagi jika barang tersebut penting untuk keberlangsungan kerja. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar pengiriman barang ke Malaysia

1. Pilih jalur pengiriman yang sesuai

Anda harus paham betul jenis barang yang akan dikirimkan. Tiap barang yang hendak dikirim harus memenuhi standar pengiriman. Masing-masing modsa transportasi memiliki kapasitas, misalnya jika Anda adalah produsen yang ingin memasarkan barang ke Malaysia. Biasanya ekspor barang membutuhkan jumlah yang sangat banyak, bahkan perlu menggunakan kontainer agar permintaan dari Negara lain terpenuhi. Jika menggunakan kontainer, Anda harus mengandalkan kapal sebagai moda transportasi pengiriman barang. Tidak semua pesawat sanggup mengirim berbagai jenis barang, bahkan dengan angka berat yang cukup besar.

Semakin besar barang yang akan dikirim, proses pengiriman juga akan membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu Anda harus bisa mengukur waktu dengan tepat agar permintaan dari luar negri terpenuhi, karena kemungkinan-kemungkinan saat pengiriman barang juga akan terjadi.

2. Pilih jasa pengiriman via online

Tepat dan cepat, riset atau pengumpulan data lewat online akan lebih mudah. Hanya berbekal smartphone atau PC Anda bisa mencari tahu jasa paket berkualitas, terpercaya dan dapat mengirimkan barang ke berbagai wilayah. Anda bisa memilih laman https://kilo.id/ untuk mengetahui informasi pengiriman barang ke Malaysia.

  1. Cukup hubungi cust service via aplikasi whats app. Kemudian staf yang bertugas akan memperkirakan harga ongkos kirim. Pada tahap ini estimasi harga dapat berubah, karena dimensi barang juga menjadi pertimbangan.
  2. Lakukan pembayaran. Berbagai metode pembayaran bisa Anda pilih sesuai ketentuan yang berlaku. Jika pembayaran berhasil Anda berhak mendapatkan bukti pembayaran.
  3. Staff dari kilo.id akan mengurus dokumen yang diperlukan saat pengiriman barang.
  4. Staff yang bertugas menjemput barang dari alamat pengirim.
  5. Berat dan volume barang akan diukur untuk memastikan harga yang akurat. Pada tahap ini diharapkan pengirim barang menyediakan extra money agar proses pengiriman tidak terhambat.
  6. Jika biaya pengiriman dan dokumen sudah lengkap, paket siap dikirim. Selama pengiriman paket, penerima dan pengirim berhak melacak letak barang selama perjalanan. Hanya dengan mengetik https://kilo.id/site/tracking-shipment kemudian input nomor shipping pada kolom yang tersedia, memilih kurir, dan klik tombol ‘track’. Riwayat pengiriman akan terlihat secara otomatis pada layar.

3. Packing dengan aman

Koordinasikan hal ini dengan petugtas customer service, biasanya kilo.id harus memastikan barang yang terkirim adalah barang legal sesuai ketentuan UU. Kami tidak akan bertanggung jawab atas barang ilegal yang akan dikirimkan ke Malaysia. Kami berseida melayani packing barang dengan berbagai jenis, Anda bisa hubungi customer service sebelum staff yang menjemput barang datang dengan harapan mempersiapkan perangkat packing yang lengkap dan aman.

4. Tulis alamat pengirim dan penerima dengan lengkap

Jangankan pengiriman internasional, jasa shipping yang antar Provinsi juga mewajibkan penerima dan pengirim memberikan alamat maupun nomor telepon yang lengkap. Agar nantinya petugas imigrasi memahami bahwa paket ini tidak mencurigakan, atau kurir yang mengirim dapat memastikan bahwa paket tersebut jatuh kepada orang yang benar. Melapisi alamat penerima dan pengirim dengan plastik atau selotip akan mengurangi risiko buram pada tulisan yang tertera. Jika sewaktu-waktu hujan atau terkena air saat perjalanan, kurir tidak akan kebingungan dengan barang teks yang menempel pada paket.

Dengan adanya dokumen legal, barang Anda terbukti tidak melanggar UU yang berlaku di dua Negara. Baik Indonesia maupun Malaysia, tapi jika Anda mempercayakan pengiriman kepada kilo.id segala dokumen akan terselesaikan dengan baik. Anda hanya perlu menunggu staf yang bertugas datang ke rumah dan biarkan kami bekerja mengurus keperluan.