Filosofi Hidup Nasi Tumpeng

  • 2 min read
  • Dec 12, 2019
Filosofi Hidup Nasi Tumpeng

Tumpeng berasal dari sebuah singkatan, ’’ yen metu kudu mempeng ’’ yang berarti kalau keluar harus sungguh-sungguh bersemangat. Tak heran jika pesan nasi tumpeng dari dulu sampai sekarang dijadikan suatu hidangan dalam perayaan. Sebab, makna tumpeng sendiri adalah baik, yakni ketika terlahir manusia manusia harus menjalani kehidupan seperti pesan para lelulur, tidak boleh putus ada dan terus bersemangat.

Upacara potong tumpeng ini melambangkan rasa syukur kepada allah dan ungkapan kebersamaan dan kerukunan.

Biasanya dalam penyajian nasi tumpeng dilengkapi dengan 7 lauk pauk. Tujuh dalam bahasa jawa berarti pitu. Aangka pitu berarti pitulungan (pertolongan). Berikut ini adalah makna dari 7 lauk pauk yang biasa disajikan dalam nasi tumpeng :

  1. Nasi berbentuk krucut

Nasi berbentuk kerucut diartikan sebagai sebgai harapan agar hidup selalu sejahtera, melambangkan tangan merapat menyembah tuhan. Nasi yang digunakan biasanya nasi putih atau  uduk. Warna putih berarti suci warna kuning melambangkan kesejahteraan,kekayaan ayau rejeki yang melimpah

  1. Ayam

Biasanya ayam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga memiliki makna menghindari sifat-sifat buruk ayam jago seperti sombong,congkak dan merasa yang paling benar.

  1. Ikan lele

Bukan hanya ayam sebenarnya nasi tumpeng juga dilengkapi dengan ikan lele. Pada saat sekarang ini  kebanyakan orang lebih memilih ikan yang lain sebagai lauk nasi tumpeng , karena bentuk ikan lele yang tidak begitu menarik, Ikan lele menjadi simbol dari ketabahan dan keuletan dalam hidup. karena ikan lele mampu bertahan hidup di air yang tidak mengalir dan di dasar sungai.

  1. Ikan teri

Ikan teri dalam nasi tumpeng memiliki makna kebersamaan dan kerukunan, sebab ikan teri selalu bergerombol di dalam laut.

  1. Telur rebus

Telur juga menjadi lauk pauk dan memiliki makna yang penting dalam nasi tumpeng. Telur juga menjadi perlambang jika manusia diciptakan dengan fitrah yang sama, telur yang digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memkannya harus dikupas terlebih dahulu hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan harus direncanakan terlebih dahulu, dikerjakan sesuai rencana dan di evaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

  1. Sayur urap

Sayuran ini melambangkan banyak makana, kangkung berarti melindungi, bayem artinya ayem tentram, taoge tang berarti tumbuh, kacang panjang yang berarti pemikirannya harus jauh kedepan, bawang merah yang melambangkan selalu mempertimbangkan baik dan buruk sebelum melakukan sesuatu, bumbu urab yang berarti mampu menafkahi keluarga.

  1. Cabe merah

Hiasan cabai merah melambangkan api yang memberikan penerangan yang bermanfaat untuk orang lain.

di dalam buku Tantupanggelaran ( kitab dari zaman majapahit ) diceritakan saat pulau jawa berguncang, batara guru dalam konsep hindu memerintahkan membawa puncak mahameru india untuk menstabilkan pulau jawa dan jadilah gunung semeru di jawa timur puncak tertinggi itulah yang dipercaya merupakan letak para dewa. Manusia memahami konsep ketuhanan dengan sesuatu yang besar dan tinggi dan berada dipuncak. nasi tumpeng adalah gambaran  dari puncak gunung atau konsep ketuhanan.

Isian nasi tumpeng juga memiliki arti, irisan tumpeng yang diletakkan horizontal adalah lambing hubungan manusia dengan sesamanya, keragaman lauk pauk adalah lambing kehidupan dunia yang kompleks

Sekian informasi tentang filosofi hidup nasi tumpeng semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.