Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang bagian saluran pernafasan. Dimana penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada saluran utama pernafasan atau bagian bronkus. Sedangkan bronkus mempunyai fungsi yang penting karena mempunyai fungsi untuk membawa udara yang dibutuhkan dari menuju paru-paru. Sehingga apabila mengalami penyakit ini akan menganggu pernafasan dan bisa berbahaya apabila tidak ditangani dengan optimal.

Dimana untuk jenis penyakit bronkitis yang dapat diderita ada dua yaitu sebagai berikut:

  • Jenis pertama adalah bronkitis akut yang merupakan kondisi bronkitis yang dialami oleh anak di bawah umur 5 tahun. Penyakit ini bisa pulih atau sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu paling cepat atau juga bisa tahan hingga 10 hari. Sedangkan untuk batuk yang menjadi pertanda dari penyakit ini akan dapat berlangsung lama dan tidak berbahaya.
  • Jenis selanjutnya adalah bronkitis kronis yang merupakan penyakit yang dialami oleh orang dewasa dengan usia sekitar 40 tahunan ke atas. Penyakit jenis ini akan bisa bertahan hingga 2 bulan dan merupakan salah satu dari PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis.

Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga menyebabkan ISPA. Dimana virus tersebut biasanya dapat tertular dari banyak cara mulai dari percikan dahak orang yang terkena bronkitis. Oleh karena itulah Anda perlu untuk menggunakan masker agar dapat terhindar dari penyakit bronkitis ini. Selain dari tertular oleh penderita bronkitis, penyebab lainnya yang menjadi alasan mengapa seseorang terkena penyakit bronkitis adalah sebagai berikut ini.

  • Faktor pertama yang dapat menyebabkan bronkitis adalah karena kebiasaan merokok. Selain perokok aktif, perokok pasif yang menghirup asap rokok juga bisa terkena penyakit ini.
  • Faktor selanjutnya adalah karena tidak menerima vaksin yang dapat mencegah bronkitis. Sehingga penting untuk yang ingin menghindari bronkitis untuk mendapatkan vaksin influenza atau pneumonia.
  • Faktor selanjutnya adalah karena terpapar oleh berbagai zat yang berbahaya. Seperti sering terpapar debu, amonia, klorin, dan juga bahan lainnya yang berbahaya. Hal tersebut dapat terjadi dari kegiatan sehari-hari dan juga lingkungan di tempat kerja yang kurang kondusif.
  • Faktor selanjutnya juga dari usia seperti dari jenis bronkitis yaitu untuk yang berada di bawah 5 tahun dan di atas 40 tahun akan lebih mudah terkena bronkitis.
  • Faktor selanjutnya adalah karena mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kurang bagus.
  • Faktor terakhir adalah karena komplikasi dari penyakit lainnya seperti penyakit refleks asam lambung.

Ketika sudah terkena bronkitis maka sebaiknya dilakukan pengobatan yang tepat. Dimana untuk pengobatan yang dilakukan dapat berbagai macam tergantung dari tingkat keparahan bronkitis yang dialami. Pengobatan yang bisa dipilih mulai dari mengkonsumsi obat-obatan dan juga melakukan terapi yang dapat untuk meredakan gejala bronkitis. Adapun untuk beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Hal pertama adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang meredakan bronkitis seperti antitusif dan juga ekspektoran.
  • Hal selanjutnya dapat untuk melakukan penanganan yang dapat membuat sesak nafas yang dialami lebih baik. Misalnya menggunakan bronkodilator, kortikosteroid, dan juga melakukan rehabilitasi paru dengan cara olahraga, melatih pernafasan, dan memperbaiki pola makan.
  • Melakukan pola gaya hidup yang lebih sehat seperti mengkonsumsi air putih yang cukup, istirahat cukup, menghirup uap dari air hangat, menghindari asap rokok, dan juga menggunakan masker dalam melakukan aktivitas sehari-hari.