Ini Dia Beberapa Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil

  • 2 min read
  • Jul 12, 2021
Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Kehamilan bisa juga membuat nafsu makan ibu meningkat secara drastis. Pada dasarnya, di masa kehamilan, ibu juga diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan apa saja dengan catatan matang, bersih, serta juga tidak berlebihan, dan selama tetap memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan akan di terima juga oleh janin.

Jangan lupa pastikan ibu hamil juga memilih makanan sehat dan juga bergizi seimbang, sehingga mampu membantu ibu yakin akan kesehatan janin dan ibu, dan dapat membuat ibu kuat menjalani masa kehamilan, dan janin juga akan tumbuh dan berkembang secara optimal.

Namun menurut angka kecukupan gizi tahun 2019 lalu, dan selama masa kehamilan tubuh ibu juga memerlukan tambahan kalori hingga sekitar 180 kkal setiap harinya pada trimester pertama dan membutuhkan 300 kkal/hari di trimester kedua hingga ketiga. Dengan kebiasaan ataupun pola makan yang sehat, maka ibu juga dapat mencegah peningkatan berat badan yang akan berlebihan, yang bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional dan juga risiko komplikasi kehamilan sampai saat persalinan persalinan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang bagus untuk ibu hamil yang sehat dan tepat untuk dikonsumsi dimasa kehamilan.

1. Mengonsumsi Susu

Ketika kehamilan, ibu juga perlu mengonsumsi protein tambahan dan juga kalsium untuk bisa memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Mengonsumsi susu dan juga produk susu mengandung dua jenis protein yang sangat berkualitas tinggi, yakni kasein dan whey. Dengan konsumsi susu juga yang mengandung vitamin B6. Smyang sama seperti protein, kemudian vitamin B6 yang mampu meredakan gejala mual dan muntah sepanjang kehamilan. Bukan hanya itu, susu juga punya kandungan fosfor, vitamin B kompleks yang lainnya, dan juga magnesium yang sangat tinggi.

2. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan serat, seperti protein, zat besi, asam folat, dan juga kalsium. Serta mengonsumsi asam folat dengan jumlah yang cukup maka akan melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf dan juga terlahir dengan berat badan rendah.

3. Mengonsumsi Ubi-ubian

Kandungan beta-karoten yang ada pada ubi juga sangat tinggi. Karena di dalam tubuh, beta-karoten juga akan diubah menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan diferensiasi sebagian besar sel dan juga jaringan. Maka hal ini juga sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat. Bukan hanya itu, ubi juga telah mengandung serat yang bisa memperlama rasa kenyang, kemudian menurunkan kadar gula darah, dan juga dapat memperbaiki kesehatan saluran pencernaan.

4. Mengonsumsi Ikan Salmon

Selanjutnya ikan salmon yang merupakan bahan makanan sumber omega-3 yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak dan mata janin. Karena asam lemak juga mengandung omega-3, terutama ada EPA dan DHA, yang sangat penting untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Akan tetapi, pada dasarnya, ibu hamil juga disarankan untuk membatasi asupan makanan laut dan setidaknya 2 kali / minggu hal ini karena kandungan merkuri dan juga kontaminan lainnya yang ditemukan yang ada pada makanan laut. Bukan hanya itu, ikan salmon juga merupakan salah satu bahan makanan yang bisa jadi sumber vitamin D alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga fungsi imun.

5. Mengonsumsi Telur

Dengan mengonsumsi telur yang merupakan salah satu makanan sehat yang sangat penting. Karena telur mengandung hampir semua nutrisi yang ibu butuhkan selama masa kehamilan, misalnya seperti kolin. Kandungan kolin juga dapat membantu memastikan otak dan sistem saraf janin dapat berkembang dengan sehat dan juga mengurangi risiko cacat tabung saraf.