Inilah Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

  • GoBekasi
  • Apr 12, 2022

Keberadaan ketombe tentunya sungguh mengganggu dan merusak penampilan. Selain itu ketombe dapat merusak rasa percaya diri karena membuat pandangan orang terhadap diri kita menjadi buruk. Makanya, tak jarang orang melakukan berbagai cara menghilangkan ketombe di kepala agar masalah munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal ini bisa lenyap. Ketombe muncul akibat beberapa penyebab.

Dari kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. Apabila salah satu penyakit kulit kepala tersebut muncul rasanya selalu ingin menggaruk kepala karena gatal yang tak tertahankan.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Ada sejumlah bahan alami yang bisa menjadi pilihan dalam menghilangkan ketombe. Sejumlah sampo produk sampo antiketombe juga menggunakan bahan alami. Bila Anda ingin menggunakan bahan alami secara langsung dan bukan dalam bentuk sampo kemasan:

1. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Dengan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami karena kemampuannya menghidrasi kulit kepala. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe.

2. Lidah Buaya

Dalam sebuah laporan yang dikutip dari Biomed Research International, manfaat lidah buaya berasal dari kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat melawan ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya bisa didapatkan dengan cara dibuat gel.

3. Minyak Sereh

Memiliki aroma yang khas, ternyata minyak sereh dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Minyak sereh memiliki zat antimikroba dan antiradang yang dapat mengurangi kemunculan ketombe. Menurut sebuah riset yang dimuat dalam Complementary Medicine Research, produk hair tonic yang mengandung 10% minyak sereh mampu mengurangi ketombe sampai 81% setelah penggunaan dua minggu.