Inilah Manfaat Layanan Paliatif untuk Pasien Penyakit Berat

  • 2 min read
  • Aug 24, 2021
Layanan Paliatif

Ada kalanya memang tindakan pengobatan yang dilakukan seseorang tidak bisa dilakukan untuk membuat proses penyembuhan menjadi benar-benar optimal. Apalagi jika seandainya jenis penyakit yang menyerang tersebut sudah termasuk dalam kategori penyakit serius, sehingga kemungkinan penyembuhannya juga terbilang minim. Misalnya adalah penderita kanker stadium akhir, penyakit diabetes melitus, penyakit stroke dan sejenisnya. Banyak diantara pasiennya yang justru kehilangan harapan untuk bisa hidup lebih lama.

Sehingga pengobatan biasa saja memang tidak cukup digunakan untuk mengatasinya, Anda juga membutuhkan perawatan tambahan seperti diantaranya adalah dengan layanan paliatif. Mungkin banyak yang masih asing dengan istilah yang satu ini. Pada dasarnya perawatan paliatif itu sendiri merupakan sebuah pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan juga keluarga pasien yang tengah menderita penyakit berat. Memang ada beberapa jenis penyakit yang membutuhkan perawatan ini, termasuk diantaranya adalah pasien dari kanker.

Berbicara mengenai perawatan paliatif ini sendiri pada dasarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menjalankannya berikut ini yang patut diketahui, yaitu:

  1. Membantu untuk mengatasi gangguan fisik yang dialami oleh pasien, seperti diantaranya adalah untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut, apalagi untuk kategori penyakit parah atau kronis memang tak dapat dipungkiri jika seandainya ia akan jauh lebih mudah untuk kambuh, seperti diantaranya adalah rasa nyeri yang tiba-tiba datang menyerang. Maka perawatan paliatif akan membantu untuk mengatasi kondisi semacam ini, sehingga pasien akan jadi lebih tenang nantinya.
  2. Dapat membantu untuk mengurangi gangguan emosi, pasien dengan penyakit berat umumnya akan lebih rentan untuk mengalami ketakutan, marah dan juga sedih akibat penyakit yang diderita. Hal ini dikarenakan mereka beranggapan bahwa penyakit yang dialami tersebut sudah tidak bisa lagi disembuhkan. Bahkan mungkin menganggap kematian sudah semakin dekat dengan mereka. Dengan adanya perawatan yang tepat paling tidak membantu untuk mengurangi gangguan semacam ini.
  3. Mencegah depresi, bukan hal yang mustahil jika seandainya pasien dari penyakit serius akan mudah mengalami depresi jika seandainya melihat dari kondisi yang merasa alami saat ini. Beban pikiran yang ditanggung pastinya akan menyebabkan stress hingga memperburuk kondisi kesehatan yang dialami, dengan adanya layanan paliatif membantu untuk mencegah kondisi tersebut agar tidak sampai terjadi.
  4. Meringankan masalah spiritual, pasien penyakit berat juga sering kali mengalami masalah spiritual, menganggap bahwa Tuhan tidak lagi sayang padanya karena memberikan cobaan yang berat. Perawatan paliatif ini akan sangat membantu untuk menolong pasien menemukan kedamaian dalam hidup mereka, membuatnya menjadi lebih dekat dengan Tuhan kembali.
  5. Meringankan beban keluarga pasien, ketika sudah sakit beban memang tak hanya ditanggung oleh mereka yang sakit saja, melainkan juga keluarganya yang setiap hari harus ikut melakukan perawatan, ditambah dengan mencari uang untuk biaya pengobatan yang nilainya tidak bisa dikatakan kecil. Layanan ini juga akan membantu bagi keluarganya dengan beberapa sesi konsultasi dan juga masukan-masukan yang diberikan oleh perawat.

Perawatan paliatif di rumah sekarang ini juga sudah ada, diantaranya bisa dipesan secara mudah lewat Aido Health. Mereka sudah memiliki aplikasi yang sedang ini bisa dengan mudah Anda manfaatkan untuk memilih beragam jenis perawatan kesehatan yang ada, mulai dari kunjungan dokter ke rumah, perawat, fisioterapis dan masih banyak lagi diantaranya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda tentunya.