Jenis Agen Properti Menurut Dhiraj Kelly

  • 2 min read
  • Feb 09, 2021
Dhiraj Kelly

Agen property adalah sebuah bidang profesi yang melakukan perdagangan lewat jasa atau pun penyediaan barang atau juga sebuah fungsi khusus yang erat kaitanya dengan sebuah distribusi barang. Tapi mereka tidak mempunyai hak untuk menguasai barang yang di perjual belikan tersebut.

 Agen juga dikenal sebagai sebuah alat perantara atau penghubung antara pembeli dan penjual barang. Sedangkan pemilik barang atau distributor akan bekerja di bawah nama perusahaan sendiri, serta mendapatkan akses atas hak pembelian, penjualan, penyetokan, pemasaran semua barang.

Begitu pula dengan agen property yang tidak lain sama dengan pengertian agen di atas, yang pada dasarnya membantu kegiatan dalam proses jual beli. Jenis agen properti juga bisa ketahui dalam sebuah pembahan ini, yang nanti akan di bahas di bawah ini.

Akan tetapi ada baiknya kita membahas cirri-ciri dari agen itu sendiri agar nantinya pembahasan lainya bisa masuk ke otak kita dengan sangat mudah. Karena kita sudah tahu dasar dari pengertian dan cirri agen itu sendiri.

Ciri Agen

  1. Biasanya agen menjual barang yang jumlahnya lebih sedikit dari distributor
  2. Area pemasaran agen terbatas
  3. Jika agen membeli banyak barang dari distributor maka akan di jual kembali kepada pihak reseller
  4. Bisa dilakukan sistem putus atau sistem komisi
  5. Tidak memerlukan ijin usaha

Di atas adalah cirri-ciri umum agen yang dapat kamu ketahui, tapi jika ciri-ciri agen property juga sebenrnya tidak jauh berbeda dengan yang di atas.

Jenis Agen Properti

Dalam menjadi agen property ada dua pilihan yang bisa kamu ambil jika memang kamu berniat menjadi seorang agen property, yaitu sebagai agen property professional dan agen property jadul. Yang keduanya memiliki keuntungan dan kelebihan masing-masing. Berikut penjelasanya.

  1. Agen Properti Jadul

Jenis agen property ini adalah sebuah agen property yang tidak memiliki perusahaan baik perusahaan swasta maupun Negeri, jadi agen property jadul ini adalah sebuah agen yang berdikari “berdiri di atas kaki sendiri”. Istilah ini mungkin ada benarnya karena setiap tindakan yang di lakukan di pikirkan sendiri tidak ada bantuan dari orang lain atau pun dalam bentu perusahaan.

Kelebihan dari jasa agen property jadul adalah komisi yang akan di dapatkan bisa di kuasai dengan tidak membagi dengan pihak lain, atau dengan kata lain mempunyai hak sepenuhnya atas komisi yang di dapat. Misalkan client memberikan komisi 3% dari seleurh jumlah penjualan property yang berjumlah 600 juta maka komisi yang di dapat dari 3% adalah 18 juta.

Kekurangan dari menjalanai profesi agen property jadul adalah kurang mendapatkan akes yang luas karena masih sekitran lokasi saja, kemudian client susah mempercayai.

  1. Agen Property Professional

Jenis agen property ini adalah sebuah agen property yang berdiri di bawah nama besar perusahaan baik swasta atau negeri.

Kelebihan dari menjadi agen property professional adalah akes pasar yang luas sesua nama besar perusahaan, fasilitas lengkap, mudah di percaya client.

Kekurangan dari menjadi agen property professional adalah komisi yang di dapat jika sudah menjual property kepada client komisi akan di bagi 2 dengan perusahaan.

Sekarang kamu bisa memilih mau menjalani jenis agen properti yang mana apakah ingin menjadi agen property jadul atau mungkin ingin menjadi agen property yang professional. Kamu bisa menentukannya dari sekarang agar selanjutnya kamu bisa langsung memulainya.