Jenis-jenis Tabungan Milenial yang Patut Jadi Prioritas

  • 3 min read
  • Jun 22, 2021
Tabungan Milenial

Mau tahu seberapa pentingnya memiliki tabungan untuk masa depan? Lantas apa saja jenis tabungan milenial yang harus Anda prioritaskan? Hidup dalam kondisi finansial yang sehat dan stabil tentu menjadi impian setiap orang.

Di mana Anda tidak harus memikirkan tagihan yang menumpuk dan dikejar-kejar hutang. Terlebih bila pengeluaran tersebut nominalnya melebihi penghasilan Anda. Menurut riset IMR (Indonesia Millennial Report) bahwa milenial hanya menyisihkan 10% pemasukannya untuk menabung.

Bahkan lebih dari setengahnya dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian. Belum lagi dengan adanya cicilan yang membuat penghasilan cenderung lebih menipis.

Berbagai Jenis Tabungan Milenial

Supaya kehidupan finansial lebih sejahtera, tentu saja diperlukan perencanaan keuangan yang baik. Para milenial ini dianjurkan untuk tidak terlalu konsumtif, serta menambah anggaran tabungan.

Tabungan milenial setidaknya harus disisihkan sekitar 20% dari pendapatan setiap bulannya. Adapun berbagai jenis tabungan yang sekiranya cocok untuk para milenial, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tabungan Darurat

Tabungan dana darurat menjadi jenis pertama yang wajib dimiliki, sebagai solusi untuk kebutuhan mendesak. Karena bagaimanapun juga, Anda tidak tahu kapan akan membutuhkan dana darurat. Jadi lebih baik Anda mempersiapkannya sejak muda.

Tentu saja tujuannya adalah untuk menyelamatkan kebutuhan dan finansial Anda saat itu juga. Misalnya saja ketika mengalami kecelakaan, di mana Anda harus memberikan ganti rugi atau terpaksa harus keluar dari pekerjaan.

  1. Tabungan Pensiun

Anak muda jaman sekarang, kurang memprioritaskan adanya dana pensiun. Apalagi bagi mereka yang masih di awal masa kerja, seperti pada usia 20 hingga 30 tahunan. Mereka beranggapan bahwa masa depan depan pekerjaan dan karirnya masih terbuka lebar.

Sehingga kebutuhan akan dana pensiun cenderung dikesampingkan. Padahal memprioritaskan dana tersebut bisa dijadikan antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Misalkan saja untuk kebutuhan jaminan hari tua, ketika nanti Anda sudah tidak bekerja.

  1. Dana Investasi

Jenis tabungan yang satu ini sangatlah penting, serta sudah sangat terkenal di kalangan milenial. Melakukan investasi sangatlah penting, demi melindungi kekayaan anda dari risiko inflasi. Karena dengan investasi, nilai aset akan meningkat dari tahun ke tahun.

  1. Tabungan untuk Traveling

Kehidupan generasi muda, pastinya hampir tidak lepas dari yang namanya bersenang-senang dan mencari hiburan. Tapi sayangnya, banyak orang yang justru mengorbankan kebutuhan prioritas hanya untuk hiburan. Misalkan saja berhutang untuk bisa travelling yang mewah.

Padahal, sejatinya travelling adalah untuk menyegarkan pikiran dan bukan untuk menambah beban finansial. Sehingga tidak ada salahnya bagi Anda memiliki dana khusus untuk melakukan travelling. Dengan demikian, Anda tetap bisa bersenang-senang tanpa harus mengganggu kebutuhan prioritas.

  1. Tabungan Keluarga

Hubungan keluarga juga perlu menjadi prioritas, baik Anda yang sudah memiliki pasangan ataukah belum. Perencanaan dana ini bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan seperti dana pernikahan. Sedangkan untuk Anda yang sudah memiliki pasangan, dana bisa dipakai untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan keluarga, dan lain sebagainya.

Supaya hidup lebih sejahtera, diperlukan kesadaran bagi para generasi milenial supaya memiliki rekening. Namun sayangnya, generasi milenial sekarang ini cenderung tidak suka menabung. Namuan Anda tak perlu khawatir, karena kini ada fitur perbankan PermataME yang cocok bagi generasi milenial.

Miliki Tabungan Milenial dari PermataME

PermataME menjadi solusi tabungan digital yang mendukung gaya hidup kekinian bagi anak muda. Lewat layanan perbankan ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Untuk lebih jelasnya, simak keuntungan produk digital perbankan di bawah ini!

  1. Proses Mudah dan Cepat

Demi memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi nasabah, produk hadir untuk mempermudah dan mempercepat urusan perbankan Anda. Misalnya saja dalam hal pembukaan rekening yang bisa dilakukan secara online lewat PermataMobile X.

  1. Layanan Cashback Sebesar 10%, 20%, 30%

PermataME memberikan dana cashback yang cukup menarik bagi nasabah.

  • 10% untuk transaksi transportasi online
  • 20% untuk belanja online
  • 30% sisanya adalah untuk transaksi hiburan
  1. Tarik Tunai tanpa Biaya

Melalui layanan perbankan ini, Anda akan mendapatkan layanan biaya gratis untuk kebutuhan tarik tunai. Baik itu untuk ATM di dalam maupun luar negeri. Pastikan ATM tersebut memiliki logo VISA/PLUS, serta memiliki saldo 1 juta rupiah sebelum transaksi.

  1. Kartu Debit Eksklusif

PermataME menawarkan Kartu Debit yang eksklusif dengan desain khusus untuk para nasabahnya. Tentu Anda akan merasa lebih puas jika punya kartu debit dengan desain yang ekslusif bahkan cenderung mewah kan?

  1. Exclusive Promo

Selain mendapatkan kartu debit yang eksklusif, Anda juga bisa berkesempatan meraih banyak Promo Eksklusif untuk berbagai keperluan belanja dan sebagainya.

  1. Gratis Biaya Transfer Online

Sebagai tabungan yang menguntungkan, Anda akan merasakan bebas biaya untuk transfer online sekaligus biaya administrasi. Manfaat ini akan dirasakan untuk transaksi melalui PermataMobile X, PermataNet, serta transaksi melalui ATM.

Selain point-point di atas, Anda juga masih akan dibebaskan dari biaya administrasi bulanan, biaya kartu per bulan serta biaya tutup rekening.

Suku bunga threshold yang akan Anda dapatkan yaitu berkisar pada 0.00% sampai dengan 0.5% p.a sesuai dengan berapa besar saldo yang Anda miliki.

Sangat menarik bukan memiliki akun rekening bersama PermataME? Apalagi, syarat untuk pendaftarannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan KTP sebagai WNI, men-download aplikasi PermataMobile X, lalu pilih PermataME. Terakhir, isi seluruh informasi yang diminta pihak bank dan Anda bisa segera akses tabungan milenial bersama PermataBank.