Jogja adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata dan kuliner menarik. Selain itu, baik hotel, makanan, ataupun tempat wisata di Jogja biasanya membanderol harga yang sangat terjangkau di kantong. Hal ini menjadikan Jogja sebagai destinasi favorit wisatawan, terutama para backpackers.

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di Jogja. Namun, jika kamu berencana untuk berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk berkunjung ke candi-candi terbesar di Indonesia yang berada di Jogja, karena keindahannya dijamin bakal bikin kamu terpesona!.

Selain Candi Borobudur yang terkenal di antara para turis lokal maupun asing, ada satu candi Hindu yang juga bisa kamu jadikan tujuan wisata, yaitu Candi Prambanan. Candi ini merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-9 dengan tinggi sekitar 47 meter.

Untuk kamu yang menyukai wisata bersejarah, nggak perlu bingung lagi deh cari destinasi wisata di Kota Jogja. Tapi, sebelum pergi, mari simak ulasan berikut tentang candi HIndu terindah di dunia ini yang wajib kamu tahu!.

Lokasi Objek Wisata Candi Prambanan

Untuk menikmati keindahan dan kemegahan objek wisata Candi Prambanan ini, kamu bisa langsung datang ke Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Desa Prambanan, Kabupaten Klaten. Dari Kota Jogja, kamu hanya perlu menempuh sejauh 16,3 kilometer atau sekitar 40 menit berkendara.

Jika berencana untuk pergi dari Stasiun Tugu, kamu bisa berjalan ke Halte Malioboro 1 lalu naik bus Trans Jogja 1A melewati Pasar Beringharjo, Taman Pintar, dan Kebun Binatang Gembira Loka. Sementara dari Bandara Adisucipto, perjalanan yang akan ditempuh hanya sekitar 10 menit.

Letak Candi Prambanan pun berada di antara kota segitiga emas yaitu Kota Jogja, Surakarta, dan Semarang. Sehingga membuat objek wisata bersejarah ini mudah dijangkau oleh pengunjung dari mana pun, baik dengan transportasi publik atau kendaraan pribadi.

Tentang Candi Prambanan

Candi Prambanan ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan dinobatkan sebagai candi dengan arsitektur terindah. Candi yang juga dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari seluruh dunia.

Candi Prambanan terdiri dari candi-candi sebagai berikut:

  • 3 Candi Trimurti sebagai candi utama, yang dipersembahkan untuk Siwa, Wisnu, dan Brahma.
  • 3 Candi Wahana, yaitu Candi Nadia, Garuda, dan Angsa.
  • 2 Candi Apit yang berada di barisan Candi Trimurti dan Wahana, di bagian utara dan selatan.
  • 4 Candi Kelir yang berada di 4 penjuru mata angin, berada tepat di balik pintu masuk halaman dalam.
  • 4 Candi Patok berada di 4 sudut halaman dalam.
  • 224 Candi Perwara tersusun dalam 4 bagian konsentris berdasarkan candi dari barisan terdalam sampai terluar.

Pesona Candi Prambanan memukau semua pengunjung, terutama saat panorama candi di sore hari saat matahari terbenam. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk datang ke candi seluas 39,8 ha ini adalah sekitar jam 4 sore.

Ditambah lagi, daerah sekitar Candi Prambanan sudah dikembangkan menjadi taman hijau dan ada juga berbagai toko souvenir serta tempat makan untuk melepas rasa dahaga dan lapar. Jadi dijamin kamu nggak akan merasa bosan atau lelah setelah berkeliling.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Mungkin kamu masih bertanya-tanya tentang tiket masuk Candi Prambanan, bukan? Nah, jangan khawatir lagi, karena harga tiket masuk ke objek wisata bersejarah ini terbilang terjangkau untuk wisatawan lokal. Selain itu, ada juga Paket Prambanan – Borobudur dan Prambanan – Ratu Boko.

Berikut harga tiket masuk Candi Prambanan untuk kamu yang berencana berkunjung.

Prambanan

  • Anak : Rp20.000
  • Dewasa : Rp40.000
  • Mancanegara : 25 USD

Paket Prambanan – Borobudur

  • Anak : Rp35.000
  • Dewasa : Rp75.000
  • Mancanegara : 40 USD

Paket Prambanan – Ratu Boko

  • Anak : Rp35.000
  • Dewasa : Rp75.000
  • Mancanegara : 40 USD

Sebelum berkunjung, pastikan juga jam operasional tempat wisata ini. Candi Prambanan buka setiap hari, dari pukul 06.00 sampai 17.00. Waktu yang cukup panjang untuk mengeksplor keindahan candi bersama keluarga atau teman-teman!.

Setelah lengkap semua informasi yang kamu butuhkan untuk berkunjung ke candi Hindu paling indah di dunia ini, apa lagi yang kamu tunggu sekarang? Kemas barang-barangmu untuk pergi liburan ke Jogja dan siap-siap terpesona dengan megahnya Candi Prambanan ini!.