Kekurangan Toyota Avanza E yang Harus Kamu Tahu

  • 2 min read
  • Jul 04, 2021
Toyota Avanza E

Saat ini Toyota Avanza di Indonesia dijual terdapat lima tipe, ditambah lagi ada empat tipe Veloz. Saat ini dijual dalam dua pilihan mesin, yaitu 1,3 liter dan 1,5 liter. Pada bagian transmisi yang tersedia, yaitu manual 5-speed dan juga untuk otomatis 4-speed. Jumlah terdapat sembilan varian Avanza dan juga Veloz yang dijual dengan harga termahal yakni sekitar Rp 236,5 juta. Dan harga paling murah, Avanza 1,3 E MT sekitar Rp 190,2 juta. Dibandingkan dengan Avanza tipe lainnya, lalu apa saja kelengkapan yang tidak didapat oleh Toyota Avanza tipe termurah ini?

Performa yang Kurang

Mpbil Toyota Avanza paling bawah hanya tersedia dalam pilihan mesin di  1,3 liter.  Dan untuk mesin 1,5 liter baru ada pada tipe G yang dijual seharga Rp 220,6 juta. Akan tetapi mesin yang lebih kompak sudah dibekalkan oleh teknologi Dual VVT-I. Yang juga diroduksi dengan tenaganya hingga 96,5 PS pada 6.000 rpm dengan torsi pada puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Pada tipe E ini, juga tidak hanya ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed saja, namun juga otomatis dengan 4-speed.

Dibandingkan tipe lainnya, pada eksterior Avanza 1,3 E MT mempunyai sejumlah pembeda. Kesatu, Avanza tipe E dan G dilengkapi mesin 1,3 liter menggunakan pelek jenis steel ukuran 14-inci. Dengan pelek jenis alloy berdiameter 15-inci dapat dimiliki kalau kamu membeli Avanza bermesin 1,5 liter atau tipe Veloz. Untuk ukurab ban juga jadi sedikit berbeda. Pada Avanza 1,5 liter menggunakan ban dengan ukuran 185/65 R15. Sedangkan Avanza 1,3 E dan G menggunakan ban berukuran 185/70 R14.

Pada bagian muka, Avanza 1,3 E tidak dibekali dengan lampu kabut atau fog lamp. Pada front grille Avanza tipe E pun tidak dihiasi dengan ornamen lis krom. Begitu juga side body molding yang telah terpasang di setiap Avanza tipe lain, yaitu alpa pada tipe ini.

Selanjutnya pada bagian belakang, smoothing panel juga tidak tersedia pada Avanza 1,3 E. Dan juga rear spoiler serta garnish lampu belakang. Kemudian kesederhanaan menjadi konsekuensi yang harus diterima oleh pemilik Avanza berharga termurah. Jika ingin dibandingkan, Avanza tipe tertinggi, Veloz telah dibekali dengan lampu depan tipe proyektor.

Bagian Interior

Pada bagian interior Avanza tipe manapun, sebenarnya punya layout yang sama dengan tema warna dual tone yakni kombinasi hitam dan coklat. Pada Interior senada berwarna hitam, juga hanya tersedia pada Veloz saja. Terdapat juga sistem multimedia layar sentuh dengan tombol audio di lingkar kemudi yang sudah jelas tidak tersedia pada Avanza tipe terendah. Pada Avanza 1,3 E hanya memakai audio system 2-DIN yang mampu memutar CD, memutar AM/FM dengan konektivitas USB maupun AUX. Namun belum tersedia konektivitas Bluetooth atau iPod.

Untuk desain tuas transmisi Avanza 1,3 E MT juga berbeda dari Avanza lainnya yang telah dihiasi ornamen berwarna silver. Kemudian tidak ada garnish berwarna silver di bagian door trim pada Avanza tipe E. Namun masih punya indikator berkendara yang ramah lingkungan atau ECO lamp Indicator yang tersedia di semua tipe Avanza.

Melihat Fitur Keselamatan

Sejak beberapa tahun terakhir, untuk semua mobil Toyota yang telah dijual di Indonesia juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar rem ABS atau Anti-lock Brake System, dan juga dual SRS airbags. Terutama untuk tipe terendahnya sekalipun. Misalnya seperti di Avanza 1,3 E MT yang telah dilengkapi rem ABS dan dual SRS Airbags. Jenis Avanza juga menyediakan tujuh sabuk pengaman yang terletak di tiga titik dengan pretensioner serta force limiter yang dapat mengurangi risiko cedera ketika terjadi benturan.

Seva.id saat ini juga telah jual beli mobil bekas Avanza dan juga kredit mobil Avanza baru yang bisa kamu lihat sendiri di websitenya.