Kelola Reksadana Pasar Uang Secara Profesional dan Dapatkan Hasil Maksimal

  • 3 min read
  • Aug 12, 2021
Reksadana Pasar Uang

Kaum milenial tak perlu menunggu usia senja untuk berinvestasi. Kalau bisa kaya raya di usia muda kenapa tidak? Anda bisa segera mulai berinvestasi di reksadana pasar uang dan dapatkan berbagai keuntungan.

Sebagian orang berpikir kalau di usia muda adalah waktu yang tepat untuk membahagiakan diri sendiri. Anggapan ini tentu tidak salah, tapi menjadi kurang tepat kalau justru kemudian mewajarkan diri untuk menghambur-hamburkan uang. Padahal, Anda cukup menyisihkan sedikit uang untuk berinvestasi dan membahagiakan diri tidak hanya saat ini tapi saat tua kelak.

Alasan lainnya, disebabkan anggapan lama mengenai investasi yang memerlukan modal besar. Ini tentu salah besar!

Keuntungan Reksadana

  1. Tak Perlu Modal Besar

Tepis jauh-jauh anggapan kalau niat baik untuk berinvestasi harus menunggu modal yang besar. Namun reksadana justru sangat fleksibel dalam dana investasi yang ditanamkan.

Kalau modalnya kecil berarti untungnya juga kecil dong? Tidak! Itu mungkin berlaku untuk bunga tabungan, tapi tidak dengan reksadana pasar uang. Jenis investasi yang satu ini memberlakukan imbal hasil yang sama untuk berapapun jumlah uang yang Anda investasikan.

Tidak hanya itu, reksadana pasar uang memberikan keuntungan imbal hasil yang relatif lebih besar dari deposito.  Hal ini dikarenakan nilai keuntungan yang diberikan berasal dari kenaikan nilai aset. Anda akan memperoleh keuntungan yang semakin besar saat nilai aset terus naik.

  1. Minim Risiko

Apalagi yang Anda khawatirkan? Risiko kerugian? Reksadana tergolong sebagai investasi dengan minim risiko.

Perlu Anda ketahui, reksadana pasar uang merupakan jenis investasi yang portofolionya terdiri dari instrumen aset jangka pendek atau kurang dari satu tahun. Selain itu, reksadana memiliki memiliki kualitas tinggi serta liquid debt.

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari reksadana pasar uang adalah stabilitas. Investasi ini tidak begitu fluktuatif dan tidak mudah diguncang oleh kondisi ekonomi global. Oleh karena itu, ini adalah produk investasi yang sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin mengambil risiko.

  1. Minim Biaya

Apabila Anda hendak melakukan penambahan dana di reksadana pasar uang, atau dalam hal ini istilahnya membeli reksadana pasar uang, Anda tidak dikenai biaya yang besar. Ketentuan ini juga berlaku jika Anda hendak menjual reksadana pasar uang.

Baik pembelian maupun penjualan reksadana pasar uang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun secara online. Begitu pula dalam pencairan dana.

Jika menyimpan dana dalam bentuk deposito, Anda perlu menunggu jangka waktu yang telah ditentukan untuk pencairan. Berbeda dengan reksadana pasar uang yang bisa dicairkan kapan pun tanpa dikenai penalti.

Misalnya Anda merencanakan menyimpan reksadana pasar uang hingga 5 tahun, tapi di tahun pertama Anda memerlukan dana darurat. Cairkan saja dana reksadana pasar uang milik Anda. Ini bisa menjadi alternatif tabungan darurat, tentu dengan imbal hasil yang lebih tinggi.

Memaksimalkan Keuntungan dengan Cara Profesional

Di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu, diversifikasi investasi adalah wajib agar manajemen finansial Anda lebih terjamin. Membagi investasi ke beberapa instrumen mengurangi risiko kerugian.

Anda bisa memulai hal ini dengan berinvestasi di reksadana pasar uang yang paling stabil bahkan dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya seperti reksadana Index (RDI), Pendapatan Tetap, reksadana Terproteksi, reksadana Campuran, dan reksadana Saham.

Lebih dari itu, dengan perencanaan yang tepat dan dibantu oleh para profesional Anda pastinya akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Gunakan reksadana berkala dengan fasilitas UT Saving Plan dari DBS Treasures untuk menikmati hal tersebut.

Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain:

  • Pengelolaan investasi oleh profesional

Memilih reksadana pasar uang, artinya dana tersebut nantinya akan dialokasikan dalam bentuk deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), dan obligasi.

Tidak perlu khawatir, investasi ini akan ditangani oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan  DBS Treasures, layanan perbankan prioritas yang sudah terpercaya.

Anda hanya perlu memilih jenis reksadana yang diinginkan dan membelinya. Selanjutnya, para Manajer Investasi profesional bekerja mengelola investasi sementara Anda menunggu hasil keuntungannya. Menarik bukan?

  • Panduan investasi

Melalui reksadana berkala dengan fasilitas UT Saving Plan dari DBS Treasures, Anda akan memperoleh panduan investasi yang lengkap yang dapat menambah wawasan Anda perihal investasi dari para ahli.

Pada umumnya, kemampuan investasi hanya diperoleh investor dengan dana yang besar. Tapi, Anda bisa memperoleh fasilitas yang sama dengan berinvestasi di reksadana. Keamanan semakin terjamin karena reksadana diatur oleh pemerintah. Terlebih soal transparansi, semua reksadana wajib melaporkan informasi kinerjanya pada para investor.

Hal tersebut sangat penting agar investor dapat melakukan perbandingan antar yang satu dengan yang lain. Rasanya, tidak ada yang perlu diragukan lagi dengan pilihan investasi reksadana pasar uang di DBS Treasures.