Penggunaaan asuransi kesehatan yang sangat tinggi di masyarakat di satu sisi membawa dampak positif dan disisi lain membawa dampak negatif. Untuk dampak positifnya akan meningkatkan kesehatan masyarakat sehingga usia penduduk Indonesia bisa lebih lama. Adapun yang menjadi kekurangan pemakaian asuransi yang massif adalah menurunnya layanan kesehatan.

Seperti yang dialami oleh penulis saat ini. Pelayanan rumah sakit umum daerah Cibabat Cimahi sebagai pasien BPJS kesehatan kurang maksimal seiring banyaknya pasien rumah sakit. Beberapa pasien menjadi kurang begitu diperhatikan. Padahal sudah mengeluarkan biaya yang sangat mahal dengan dirawat di rumah sakit ini.

Salah satu biaya yang cukup besar dalam kehidupan manusia selain biaya makan dan minum sehari-hari adalah biaya pendidikan dan kesehatan. Terutama biaya kesehatan yang tanpa diduga dapat datang sewaktu waktu tanpa diduga. Biaya kesehatan dapat menyedot keuangan anda. Di sinilah pentingnya untuk memproteksi diri dan kesehatan dengan menggunakan asuransi kesehatan. Namun dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus tak sembarangan.

Kiat Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Berikut ini kiat memilih Asuransi Kesehatan Terbaik yang perlu anda lakukan dengan baik, antara lain:

1. Memahami kebutuhan

Hal pertama yang harus sobat perbuat adalah memahami kebutuhan akan asuransi kesehatan. Sebab ada banyak jenis asuransi kesehatan dengan menyediakan fasilitas tertentu. Lihatlah fasilitas asuransi kesehatan tersebut apakah sesuai dengan yang anda butuhkan atau tidak?

2. Menentukan jenis asuransi kesehatan yang dibutuhkan

Asuransi yang beragam di Indonesia memberikan perlindungan kesehatan tersendiri. Ada asuransi yang khusus memberikan perlindungan bagi penyakit tertentu. Misalkan demam berdarah. Anda bisa bertanya. Apakah itu sesuai yang anda butuhkan atau tidak. Kalau tidak anda dapat mencari asuransi kesehatan jenis lainnya yang tepat.

3. Perbandingan

Melaksanakan perbandingan asuransi kesehatan merupakan hal yang tak terelakkan lagi di jaman yang dipenuhi dengan beragam perusahaan asuransi kesehatan. Tujuannya supaya didapatkan asuransi kesehatan yang benar-benar anda butuhkan.

4. Sesuai dengan kemampuan finansial

Setelah anda menemukan asuransi kesehatan yang tepat bagi anda sesuai kebutuhan berikutnya adalah melihat besaran premi bulanan. Jangan sampai iuran premi perbulan sangat mahal dan tidak bisa dijangkau dengan kemampuan keuangan anda.Karena jika anda mengambilnya akan membuat keuangan anda akan mengalami gangguan. Namun harus disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Yang ideal tentu saja, anda mendapatkan asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dengan biaya premi terjangkau.

Dalam suatu rumahtangga terdapat beberapa pos pengeluaran seperti biaya kontrakan jika ia mengontrak rumah, biaya masak, biaya pembayaran rekening listrik, tagihan air, pengeluaran pulsa, biaya jajan anak, ongkos rekreasi, dan lain-lain. Apabila ditambah dengan biaya asuransi iuran premi bulanan maka akan semakin besar pengeluaran sebuah rumah tangga.

Dengan terdapat beberapa pengeluaran bulanan keluarga, yang menjadi pertanyaan apakah masih dapat hidup layak jika ditambah dengan pos anggaran bagi premi iuran asuransi kesehatan bulanan. Karena sama seperti pengeluaran biaya lain, pembayaran iuran premi bulanan asuransi kesehatan akan sangat panjang memakan waktu beberapa tahun.

5. Melihat kredibilitas asuransi

Hal yang penting perlu dilihat lagi adalah kredibilitas perusahaan asuransi itu. Pilihlah asuransi yang mempunyai kredibilitas yang baik. Anda dapat melihatnya dari berbagai pengalaman para nasabahnya.  Pilihlah asuransi kesehatan yang memberikan pengalaman baik kepada para pesertanya.

Kegunaan melihat kredibilitas perusahaan asuransi adalah untuk menghindarkan diri dari kerugian. Mengingat saat ini sudah terdapat beberapa oknum perusahaan asuransi yang bertindak tak profesional dan melakukan tindak penipuan.