Mau Investasi Modal Kecil Keuntungan Besar? Reksadana Pasar Uang Jawabannya

  • 3 min read
  • Oct 06, 2021
Reksadana Pasar Uang

Sebagian besar orang masih memilih menabung uang untuk menjaga kestabilan finansial di masa depan. Padahal, dengan menabung keuntungan yang diberikan tidak terlalu signifikan. Masih banyak sekali keraguan untuk terjun ke dunia investasi, karena kekhawatiran modal yang harus besar dan segala resikonya. Bagi kamu yang baru saja ingin memulai investasi, banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu pilih. Bagi pemula, tidak ada salahnya untuk memilih reksadana pasar uang, karena modal awal untuk memulainya kecil dan keuntungan yang didapatkan besar.

Sedikit sekali orang yang mengetahui apa yang dimaksud reksadana pasar uang. Pada dasarnya, reksadana adalah investasi yang berasal dari kumpulan dana para pemodal / investor yang diolah menjadi investasi dalam bentuk portofolio efek, seperti saham, obligasi, pasar uang dan efek lainnya. Ada berbagai macam jenis reksadana seperti

  • Reksadana pasar uang dimana alokasi dana disebar ke beberapa instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, Surat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan obligasi. Jatuh tempo reksadana pasar uang kurang dari satu tahun , sehingga cenderung lebih aman.
  • Reksadana pendapatan tetap adalah dana yang minimal 80% dialokasikan ke obligasi. Mengenai keuntungan yang diperoleh lebih tinggi dan dapat mencapai lebih dari 10% setiap tahunnya.
  • Reksadana campuran mendistribusikan dananya di berbagai macam instrumen keuangan sekaligus, seperti deposito, obligasi, pasar uang dan saham
  • Reksadana saham mendistribusikan dana minimal sebesar 80% ke berbagai macam efek saham dan sisanya 20% ditempatkan ke pasar uang.

Dari beragam jenis reksadana, reksadana pasar uang memiliki tingkat resiko yang lebih sedikit dibandingkan reksadana lainnya. Jika kamu memilih investasi jenis reksadana pasar uang, dana atau uang yang kamu investasikan akan 100% diolah menjadi instrumen pasar uang seperti deposito, obligasi atau Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dengan masa batas waktu tidak lebih dari satu tahun. Kini, jika kamu berinvestasi reksadana pasar uang melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu akan memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Keuntungan yang Stabil

Kamu perlu memperhitungkan berapa dana yang akan dikeluarkan nantinya untuk mewujudkan kebutuhan masa depan yang sudah direncanakan sehingga kamu membutuhkan jenis reksadana yang memberikan angka keuntungan relatif tetap. Jadi, reksadana pasar uang merupakan pilihan yang sangat tetap karena memiliki sifat keuntungan yang cenderung tidak fluktuatif dan tidak mungkin terguncang oleh kondisi ekonomi global.

  • Suku Bunga Lebih Tinggi

Jika dengan deposito, reksadana pasar uang memiliki keuntungan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan benefit yang didapatkan dari reksadana pasar uang berasal dari kenaikan nilai aset-aset didalamnya. Semakin tinggi nilai aset, semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan. Sementara suku bunga pada deposito sudah ditetapkan di awal sehingga tidak akan nada peningkatan keuntungan.

  • Mudah Dicairkan

Apabila kamu memilih jenis investasi deposito, kamu harus menunggu jatuh tempo untuk pencairan dana agar tidak terkena pinalti. Hal tersebut tidak berlaku pada reksadana pasar uang. Dana pada reksadana pasar uang dapat dicairkan kapanpun tanpa adanya penalti. Hal ini cocok bagi kamu yang ingin menjadikan reksadana pasar uang sebagai dana darurat.

  • Mulai dari Rp 100.000,00

Jika kamu berpikir untuk memulai investasi harus dengan modal yang sangat besar, hal ini tidak berlaku pada reksadana pasar uang. Kamu dapat memulai dengan modal mulai dari Rp 100.000,00 untuk berinvestasi reksadana di digital banking digibank by DBS.

  • Bebas Biaya Pembelian dan Penjualan

Pembelian yang dimaksud adalah jika kamu ingin melakukan penambahan dana yang ingin disimpan di reksadana pasar uang. Sementara untuk penjualan adalah ketika kamu mengambil sebagian dana yang sudah tersimpan. Pada Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan pembelian, penjualan dan switch dapat dilakukan secara fleksibel dan hanya dalam satu aplikasi, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan investasi.

  • Minim Resiko

Memilih reksadana pasar uang, kamu bisa terhindar dari besarnya beban risiko yang dimiliki produk investasi-investasi lainnya. Reksadana pasar uang mempunyai resiko yang cenderung kecil bahkan hampir tidak ada. Jenis ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi tetapi memiliki kekhawatiran dengan resiko yang ada.

Jika kamu tertarik untuk investasi reksadana pasar uang, maka kamu akan menemukan beberapa pengertian didalamnya. Ketahuilah beberapa istilah umum yang terdapat di reksadana pasar uang agar kamu tidak salah pengertian sebelum memulai investasi.

  • Manajer Investasi (MI)

Dana para investor nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional, dimana mereka sudah mendapatkan izin usaha oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Portofolio Efek

Reksadana, saham, obligasi,  dan tanda bukti utang merupakan contoh dari surat-surat berharga. Surat-surat berharga yang dikumpulkan juga disebut dengan portofolio efek.

  • Subscription Fee

Biaya untuk membeli atau menyimpan dana pada reksadana. Pada reksadana pasar uang tidak dikenakan subscription fee untuk membeli reksadana.

  • Redemption Fee

Lawan kata dari subscription fee, dimana kamu berhak menjual atau mencairkan dana di reksadana. Kamu akan dikenakan sejumlah biaya yang disebut redemption fee. Namun yang perlu kamu ingat adalah, kamu terbebas dari biaya jual apabila berinvestasi di reksadana pasar uang.

Banyaknya keunggulan reksadana pasar uang bisa membantu kamu untuk mendapatkan aset keuangan yang lebih baik dimasa depan. Maka dalam hal ini, mulailah berinvestasi sedini mungkin melalui digital banking agar dapat membantu kegiatan investasi lebih mudah. Kini kamu bisa mendapatkan produk investasi reksadana pasar uang melalui digital banking dari bank DBS dengan aplikasi digibank by DBS, dimana prosesnya 100% digital dan dilakukan oleh bank teraman se-Asia yaitu Bank DBS. Berbagai macam pilihan investasi lengkap pada Aplikasi digibank by DBS seperti sajian ala rumah makan padang, dan salah satunya ada reksadana. Pilihan kategori reksadana dengan kinerja baik, populer dan scoring terbaik. Tingkatkan cara berinvestasi kamu dengan ragam produk lainnya seperti obligasi pasar perdana dan sekunder hingga rekening dan deposito valas. Kamu dapat mengunduh Aplikasi digibank by DBS melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) dan follow Instagramnya @digibankid untuk informasi selengkapnya.