Mengenal Bacaan Niat, Tata Cara, dan Manfaat Puasa Senin Kamis

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Manfaat Puasa Senin Kamis

Ibadah puasa termasuk salah satu rukun Islam. Puasa Senin Kamis adalah salah satunya yang dianjurkan. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang diistimewakan pahalanya. Puasa sunnah ini sangat dianjurkan karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad.

Syarat wajib melakukan puasa adalah niat. Terdapat dua niat yang bisa dibaca sebelum melakukan puasa sunnah Senin Kamis, yaitu :

  1. Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Senin

“Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa”

Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”. Bacaan tersebut dilakukan sebagai niat untuk menjalankan ibadah puasa sunnah pada hari Senin.

  1. Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

“Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa”

Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala”. Bacaan tersebut dilakukan sebagai niat untuk menjalankan ibadah puasa sunnah pada hari Kamis.

Kedua niat puasa diatas boleh dibaca seorang muslim pada hari Senin atau Kamis selama mereka belum makan, minum, atau melakukan hal hal lain yang dapat membatalkan puasa.

Dalam melakukan puasa sunnah Senin Kamis terdapat beberapa runtutan yang harus dilakukan demi kesempurnaan puasa. Berikut dibawah ini tata cara melakukan puasa Senin Kamis, yaitu :

  1. Membaca Niat

Setiap kewajiban yang dilakukan umat muslim tentunya harus diawali dengan niat, sama halnya dengan puasa. Karena dengan niat, maka itu berarti seseorang sudah memasrahkan dirinya didalam hati untuk ikhlas dalam menjalankan perintah Allah.

  1. Makan Sahur

Sahur adalah salah satu kesempurnaan puasa, seseorang yang melakukannya akan mendapatkan pahala serta keberkahan. Karena sahur ini sifatnya sunnah maka tidak wajib dilakukan, misalnya meski tidak sempat makan sahur karena terlambat namun puasanya akan tetap sah.

  1. Menahan Diri Dari Yang Membatalkan Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa tentunya seorang muslim diwajibkan untuk menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasa, dari semenjak fajar terbit hingga terbenamnya matahari. Contoh hal hal yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan berhubungan suami istri.

  1. Berbuka Puasa

Syarat terakhir dalam tata cara menjalankan puasa Senin Kamis adalah berbuka puasa. Buka puasa dilakukan pada waktu matahari tenggelam ketika menjelang maghrib. Dengan dilakukannya berbuka puasa tersebut maka akan menyempurnakan syarat ibadah berpuasa Senin Kamis.

Ada banyak manfaat Puasa Senin Kamis yang bisa didapat ketika seseorang melakukannya, diantaranya yaitu :

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada saat menjalankan ibadah puasa, metabolism tubuh akan bekerja secara maksimal. Hal itu terjadi karena tubuh tidak menerima asupan apapun selama 12 jam. Ketika seseorang menjalankan puasa, maka sumber energi satu satunya adalah glukosa. Ketika glukosa didalam tubuh habis, maka lemak akan menggantikan posisi glukosa tersebut sebagai sumber energi. Dengan terjadinya proses tersebut, maka dengan kata lain ketika seseorang menjalankan puasa, maka kadar lemak yang ada didalam tubuhnya akan berkurang.

  1. Membiasakan Diri untuk Menahan Nafsu

Salah satu syarat menjalankan puasa adalah harus bisa menahan diri dari hal yang dapat membatalkan puasa, yaitu nafsu. Ketika seseorang sudah terbiasa melakukan puasa, maka dirinya akan terbiasa untuk mengontrol segala jenis nafsu yang ada pada dirinya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Dan manfaat terakhir dari menjalankan puasa Senin Kamis adalah selain dapat meningkatkan kecerdasan emosional, namun juga membantu meningkatkan kecerdasan spiritual berupa ketenangan selama menjalankan puasa.