Mengenal Dekat Arti Senam Aerobik dan Tahapannya

  • 2 min read
  • Aug 25, 2021
Senam Aerobik

Tidak sedikit orang yang melakukan senam dengan tujuan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Olahraga ini juga termasuk gerakan yang mudah untuk dilakukan dan lebih fleksibel. Apalagi, saat dilakukan bersama-sama dengan orang terdekat. Maka tidak salah jika kegiatan olahraga ini terasa menyenangkan dan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan saat melakukan olahraga.

Berbicara soal olahraga senam ada banyak sekali jenis senam yang bisa Anda pilih dengan segala gerakannya yang bervariasi pula. Gerakan pada senam ini memiliki aneka ragam dan cara untuk melakukannya pun unik juga. Salah satu jenis senam yang paling sering dilakukan oleh masyarakat umum adalah senam aerobik. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah tidak asing lagi dengan model senam yang satu ini. Mengapa demikian? Karena hampir kebanyakan sanggar senam maupun gym menjalankan senam model ini yang biasanya dilakukan dengan iringan alunan musik yang pastinya membuat semangat untuk melakukannya.

Bahkan di beberapa sudut kota sering olahraga ini dilakukan beramai-ramai terlebih pada pagi hari. Namun apa sih yang dimaksud dengan senam aerobik? Nah di artikel ini akan secara detail dan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan.

Mengapa harus senam Aerobik?

Adapun senam ini adalah salah satu jenis senam yang memiliki ciri khas yaitu gerakan yang energik serta menggunakan musik yang membuat semangat. Aerobik itu sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Aero artinya udara atau oksigen. Jadi kalau diartikan maka maknanya adalah senam yang fokusnya untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Maka tidak heran jika gerakan senam aerobik cenderung bertempo tinggi serta menggunakan hampir seluruh anggota badan.

Tujuannya jelas agar tubuh memiliki alur napas yang tinggi sehingga proses pembakaran lemak sistem metabolisme pada tubuh semakin ditingkatkan. Senam ini sendiri bisa dikategorikan sebagai kegiatan olahraga untuk meningkatkan kesegaran jasmani namun jarang digunakan sebagai ajang perlombaan. Justru dijadikan sebagai kegiatan olahraga yang biasanya diadakan di lapangan luas bersama-sama secara massal.

Sesuai dengan namanya tadi bahwa tujuan utama dari senam ini yaitu untuk menyehatkan badan dan akan semakin seru jika dilakukan secara beramai-ramai. Dan untuk melakukannya Anda juga harus melakukan tiga tahapan yaitu warming up atau biasa disebut dengan pemanasan kemudian gerakan inti dan pendinginan. Adapun tahapan-tahapan ini harus dilakukan guna meminimalisir resiko terjadinya cedera akibat gerakan senam yang cukup cepat sehingga tujuan dari melakukan senam aerobik ini bisa terwujud secara maksimal.

Gerakan pemanasan

Yang merupaka salah satu tahapan yang harus dilakukan bertujuan agar otot tubuh tidak kaget saat melakukan intensitas olahraga yang cukup cepat dan tinggi. Adapun gerakan yang bisa dilakukan bisa berupa jalan santai maupun meregangkan otot. Lakukanlah pemanasan ini setidaknya 5 sampai 10 menit agar tubuh benar-benar dalam kondisi siap untuk melakukan gerakan.

Gerakan inti

Adalah gerakan yang dilakukan setelah Anda melakukan pemanasan dimana rangkaian dari gerakan ini bebas tergantung dari kreativitas dan kemampuan pesenamnya. Yang pasti manfaat senam aerobik bisa didapatkan dengan maksimal jika Anda memiliki beberapa gerakan seperti pelemasan dan penguatan otot, keterampilan keseimbangan, kelincahan, ketangkasan, meloncat dan melompat hingga berlari atau berjalan. Untuk bisa lebih optimal lagi Anda bisa meniru beberapa gerakan senam dari instruktur senam yang banyak tersebar di media online dan Anda bisa melihatnya secara gratis

Pendinginan

Ini adalah tahapan terakhir dimana gerakan yang dilakukan memiliki tempo cukup rendah supaya bisa menormalkan denyut nadi yang tinggi diakibatkan aktivitas sebelumnya. Adapun gerakan dalam tahap ini boleh sama seperti pemanasan termasuk waktu untuk melakukannya.  Atau, setidaknya sampai otot benar-benar merasa rileks dan denyut jantung sudah menjadi normal kembali.