HSBC (The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited) adalah salah satu bank asing yang berpartisipasi dalam pemasaran kartu kredit di Indonesia. Bank, yang didirikan oleh Skotlandia (1865) untuk Timur Jauh, kini bermarkas di London. Sebelumnya pada 1990-an masih berkantor pusat di Hong Kong. Dan untuk layanan perbankan di Indonesia sendiri, dikatakan bahwa HSBC telah ada sejak tahun 1884 untuk melayani perdagangan komoditas seperti gula, dll. Dengan demikian HSBC menjadi salah satu bank tertua di Indonesia dan bahkan mengalahkan Bank BRI. Tentu saja di masa lalu itu bukan bisnis kartu kredit karena masih dalam masa kolonial. Sekarang bank ini sudah mengeluarkan Kartu Debit HSBC.

Untuk bisnis kartu kredit, HSBC adalah pesaing paling kompetitif terhadap Citibank karena masing-masing adalah bank asing, aset besar dan memiliki cabang yang tersebar di seluruh dunia. Strategi pemasaran dan kebijakan program kurang lebih sama.

Bahkan HSBC dikenal sebagai bank yang berani memberi atau menambah batas kartu kredit bagi para pelanggannya. Selama Anda menggunakan kartu kredit Anda dengan baik dan membayar dengan lancar, kartu kredit perak HSBC Anda, yang awalnya hanya diberikan Rp. 3 juta, bisa lebih dari Rp. 40 juta dalam 3 tahun. Selama Anda juga tahu tekniknya.

Jadi jangan berkecil hati jika kartu perak HSBC Anda dimulai dengan batas kecil. Jadi tidak heran HSBC adalah bank paling agresif dalam bisnis kartu kredit dan dihormati oleh semua pesaing lainnya, baik bank lokal maupun asing. Anda pasti pernah mendengar bahwa kartu kredit perak HSBC dapat berharga Rp. 46 juta. Bagaimana bisa? Ya, jelas karena kartu kredit memiliki batas tertinggi.

HSBC adalah grup perbankan (keuangan) terbesar kedua di dunia. Nomor lainnya masih dipegang oleh Citigroup (Citibank) sendiri. Dan HSBC sendiri adalah bank terbesar di Hong Kong dan Shanghai. Ya, kurang lebih seperti BCA untuk Indonesia.

Apa itu Kartu Debit HSBC?

Sebelum mengubah namanya menjadi HSBC, grup ini dulunya masuk Indonesia berjuang untuk memasarkan kartu kredit. Tetapi tidak terlalu berhasil bahkan sempat berhenti. Pada waktu itu namanya adalah Hongkong Bank dan jika saya tidak salah kantor operasional untuk wilayah Jakarta berada di gedung “piramida terbalik” di depan Dunkin Donuts Hayam Wuruk. Siapa yang suka clubbing pasti tahu lokasi Dunkin Donuts ini.

Karena itu adalah hangout sambil menunggu jam operasi diskotik dibuka. Padahal tujuan dari bangunan terbalik ini adalah konstruksi bangunan yang berbentuk kerucut ke bawah. Anda masih dapat melihat bangunan ini karena masih merupakan gedung kantor. Betapa mudahnya menemukannya karena tidak jauh dari persimpangan Harmoni atau stasiun busway Harmoni.

Jika Citibank dapat mengajukan permohonan kartu kredit online dan diproses 1 x 24 jam, maka HSBC adalah bank yang dapat memberikan informasi status permohonan persetujuan kartu kredit secara online. Jika Anda telah mengisi formulir aplikasi dan telah dihubungi oleh analis HSBC, beberapa hari kemudian Anda dapat memeriksa status aplikasi Anda melalui internet.

Biasanya cukup masukkan tanggal lahir dan nomor telepon Anda. Jadi tidak perlu menunggu dalam ketidakpastian atau bertanya layanan pelanggan tentang status aplikasi kartu kredit Anda. Apakah layanan ini masih berlaku atau tidak, Anda hanya perlu melihat situs web HSBC. Karena sepertinya sudah dihentikan untuk sementara waktu. Dan untuk saat ini tampaknya Kartu Debit HSBC juga menyediakan aplikasi online.