Pengertian, Cara Kerja, dan Masalah dari Organ Katup Jantung

  • 2 min read
  • Jun 10, 2020
Organ Katup Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat vital yang dipunyai oleh manusia. Jantung membantu kamu agar dapat bergerak, berenang, berlari dan juga melakukan aktivitas yang lainnya. Apabila dibandingkan dengan bentuk jantung yang sekepalan tangan orangnya dan tugas dari jantung dan organ katup jantung sangat luar biasa sekali.

Organ jantung ini yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian organ tubuh yang membuat organ dan bagian tubuh lainnya bisa berjalan dengan sangat baik. Dengan bentuknya yang simpel, ternyata organ yang satu ini mempunyai bagian-bagian yang mempunyai fungsi khusus tersendiri. Dan bagian tersebut sering dikenal dengan katup jantung.

Apa sih katup jantung itu?

Katup jantung merupakan bagian yang ada di setiap serambi jantung dan berguna untuk memberikan jalan aliran darah kepada bagian jantung tertentu dan menghalangi untuk aliran darah masuk kembali ke dalam ruang jantung yang sebelumnya. Dan pada khususnya, terdapat beberapa katup jantung, antara lain :

  • Katup jantung aorta

Katup jantung aorta ini yang berada diantara bilik kiri dan pembuluh darah aorta adalah pembuluh darah yang paling besar dalam tubuh manusia. Katup aorta ini berfungsi untuk menutup bilik kiri pada saat darah yang tinggi oksigen dikeluarkan dari jantung ke semua tubuh melalui pembuluh darah aorta.

  • Katup jantung trikuspid

Ketika jantung mitra yang berada di antara serambi kanan dan bilik kanan. Nah pada katup jantung trikuspid berada di antara serambi kanan dan bilik kanan. Kegunaan dari katup jantung trikuspid merupakan agar mencegah darah masuk ke dalam serambi kanan dan memberikan akses kepada darah agar masuk ke dalam bilik kanan.

  • Katup jantung mitral

Selanjutnya yaitu katup jantung mitral yang terletak di antara atrium atau juga ruang serambi kitik jantung dan ventrikel atau ruang bilik kiri jantung. Katup jantung ini juga menutup serambi kiri dan mencegah darah masuk kembali ke dalamnya pada saat mengempulkan darah yang banyak oksigen dari paru-paru. Selanjutnya, katup jantung mitra ini akan terbuka untuk mengalirkan darah ke bagian bilik kiri jantung.

  • Katup jantung pulmonalis

Katup jantung pelmonalis ini berada pada pembuluh arteri pulmonalis dan bilik kanan. Katup jantung pulmonalis menghalangi jalur darah agar masuk ke bilik kanan dan mengeluarkan darah dari bilik kanan ke paru-paru melewati pembuluh arteri pulmonalis.

Bagaimana cara kerja katup jantung?

Di sini akan menjelaskan katup jantung secara singkat saja dan akan terdengar sangat rumit. Namun, ketika sudah memahami jalannya aliran darah kamu akan menyadari adanya pola yang membentuk dari cara kerja katup jantung itu sendiri.  Inilah proses kerja katup jantung :

  • Terbukanya katup jantung trikuspid dan mitra
  • Katup jantung trikuspid dan mitral yang tertutup
  • Terbukanya katup jantung pulmonalis dan aorta
  • Katup jantung pulmonalis dan aorta menutup

Apa saja masalah yang bisa terjadi pada katup jantung?

Dari semua organ manusia pastinya ada yang berpotensi mempunyai masalah, katup jantung kamu juga bisa mengalami gangguan. Pada saat terjadi masalah katup jantung dapat menjadi fleksibel atau tidak dapat terbuka dan tertutup seperti biasanya.

  • Stenosis

Stenosis merupakan kondisi di mana pada saat katup jantung menjadi kaku dan tidak dapat terbuka seperti biasanya

  • Atresia

Atresia merupakan di mana masalah perkembangan pada katup jantung yang muncul pada saat masih anak-anak.

  • Katup bocor

Katup bocor adalah di mana lawan dari pengertian stenosis.