Rincian Biaya Umroh Terkini, dan Informasi Paket Ibadah Umroh

  • GoBekasi
  • Dec 15, 2023
biaya umroh di Jakarta

Menjalankan ibadah umroh merupakan impian bagi banyak umat Muslim di seluruh dunia. Ibadah yang penuh makna ini memerlukan persiapan matang agar dapat berjalan dengan lancar dan khusyuk. Salah satu aspek penting yang perlu dipahami adalah biaya umroh. Biaya umroh dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Umroh

Sebelum membahas rincian biaya umroh, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi total biaya. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi biaya umroh antara lain adalah jumlah jamaah dalam kelompok, musim umroh, jenis paket yang dipilih, tingkat kenyamanan akomodasi dan transportasi, serta pilihan tambahan fasilitas.

  • Jumlah Peserta: Biaya bisa berbeda tergantung pada jumlah orang dalam satu kelompok.
  • Waktu Umroh: Biaya berbeda-beda tergantung pada musim, apakah saat puncak keberangkatan atau bukan.
  • Jenis Paket: Ada berbagai paket umroh dengan fasilitas dan harga yang beragam.
  • Kenyamanan Akomodasi dan Transportasi: Semakin nyaman fasilitasnya, biasanya semakin tinggi pula biayanya.
  • Fasilitas Tambahan: Seperti asuransi perjalanan, kunjungan ke tempat-tempat tertentu, dll.

Rincian Biaya-biaya Umroh 

1. Biaya Penerbangan

Penerbangan menuju Tanah Suci merupakan salah satu komponen biaya umroh yang signifikan. Kisaran harga tiket pesawat dapat berbeda tergantung pada musim umroh dan maskapai penerbangan yang dipilih.

2. Biaya Visa Umrah

Bagi warga negara Indonesia, biaya visa umroh juga menjadi pertimbangan penting. Pastikan untuk memeriksa persyaratan dan biaya visa umroh saat merencanakan perjalanan ibadah Anda.

3. Biaya Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah hal yang bijaksana untuk dimiliki saat berada di Tanah Suci. Biaya asuransi dapat bervariasi tergantung pada jenis cakupan dan durasi perlindungannya.

4. Biaya Akomodasi

Akomodasi selama di Makkah dan Madinah adalah faktor penting dalam perhitungan biaya umroh. Harga kamar hotel dapat berbeda berdasarkan jarak ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

5. Biaya Transportasi di Arab Saudi

Biaya transportasi selama di Arab Saudi perlu dipertimbangkan, terutama jika ada rencana untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu di luar kota Makkah dan Madinah.

6. Biaya Makan dan Minum

Selama menjalankan ibadah umroh, biaya makan dan minum menjadi bagian tak terpisahkan. Pastikan untuk menyediakan anggaran yang cukup untuk kebutuhan ini.

7. Biaya Perlengkapan Umroh

Persiapan perlengkapan umroh seperti pakaian ihram, sajadah, tas selempang, dan sepatu sandal memerlukan dana ekstra yang perlu dihitung dalam biaya umroh.

8. Biaya Lain-lain

Terkadang, ada biaya-biaya tambahan yang mungkin tidak terduga selama perjalanan umroh. Oleh karena itu, bijaksana untuk memiliki dana cadangan.

Biaya Umroh Berdasarkan Paket

Biaya umroh bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis paket, waktu keberangkatan, dan tingkat kenyamanan. Secara umum, kisaran biaya umroh di Jakarta dimulai dari harga Rp20 juta hingga Rp25 juta, menawarkan fasilitas dasar yang cukup bagus.

Untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi jamaah, tersedia beberapa jenis paket umroh yang dapat dipilih. Setiap paket umroh menawarkan fasilitas dan harga yang berbeda-beda.

A. Paket Umroh Reguler

Paket Umroh Reguler dirancang untuk memberikan pengalaman ibadah yang lengkap dengan biaya yang lebih ekonomis. Paket ini biasanya mencakup akomodasi standar, transportasi bersama, dan layanan dasar selama di Tanah Suci. 

Cocok untuk jamaah yang ingin menjalankan ibadah umroh dengan anggaran yang terbatas, paket ini menawarkan pengalaman ibadah yang memadai tapi tidak terlalu mewah. Jamaah akan mengikuti jadwal dan program yang telah ditentukan oleh travel, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada ibadah dan kegiatan umroh.

Harga paket umroh reguler berkisar antara Rp20 juta hingga Rp25 jutaan, tergantung pada maskapai, jenis akomodasi, dan fasilitas yang disediakan.

B. Paket Umroh Plus

Paket Umroh Plus dirancang untuk jamaah yang menginginkan kenyamanan lebih selama menjalankan ibadah umroh. Dengan biaya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan paket reguler, paket ini menawarkan fasilitas tambahan seperti akomodasi di hotel yang lebih baik, pilihan makanan yang lebih beragam, dan kadang-kadang transportasi pribadi. 

Paket ini ideal bagi mereka yang ingin pengalaman umroh yang lebih nyaman dan personal, dengan sedikit tambahan layanan dan fasilitas yang meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Untuk menikmati paket umroh plus, jamaah perlu mempersiapkan dana mulai dari Rp28 jutaan hingga Rp35 jutaan.

C. Paket Umroh VIP (Plus City Tour)

Paket Umroh VIP adalah pilihan bagi jamaah yang menginginkan pengalaman umroh yang sangat eksklusif dan mewah. Paket ini tidak hanya mencakup semua fasilitas umroh standar, tetapi juga menawarkan akomodasi di hotel bintang lima, transportasi pribadi, dan layanan personal yang lebih detail. 

Selain itu, paket ini sering kali disertai dengan program city tour, yang memungkinkan jamaah untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan penting di sekitar Mekah dan Madinah. 

Paket ini cocok untuk jamaah yang tidak hanya ingin menjalankan ibadah umroh, tetapi juga ingin menikmati pengalaman wisata spiritual dan budaya yang lebih dalam.

Related Post :