Untuk menggunakan Google Ads sebagai salah satu media promosi, Anda harus mengetahui susunan iklan di Google Ads terlebih dahulu. Untuk penjelasan lengkapnya bisa Anda simak informasi di bawah ini.
Jenis-Jenis Iklan di Google Ads
Terdapat beberapa jenis iklan di Google Ads yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis iklan di Google Ads :
Search Campaign
Search campaign adalah iklan yang akan ditampilkan pada saat pengguna memasukkan kata kunci yang sesuai dan telah ditargetkan di halaman pencarian Google.
Iklan berbayar ini akan memungkinkan iklan muncul di posisi paling atas serta memiliki ikon “Ad” di dalamnya. Jenis iklan yang satu ini mungkin menjadi salah satu iklan yang paling dikenali oleh banyak orang.
Display Campaign
Display campaign adalah iklan yang akan ditampilkan pada jaringan display atau tampilan. Dalam iklan jenis ini, Google akan menawarkan untuk menampilkan iklan Anda di dalam halaman website yang merupakan bagian dari jaringan Google itu sendiri.
Selain Itu, iklan juga bisa ditampilkan di jaringan display Google yang lain, seperti dalam platform Youtube
Shopping Campaign
Shopping campaign adalah iklan yang akan ditampilkan dengan tampilan visual pada halaman pencarian. Shopping campaign ini sebenarnya merupakan bagian dari search campaign.
Dengan menggunakan shopping campaign, iklan akan muncul dalam bentuk gambar pada saat audiens melakukan penelusuran. Selain itu, iklan juga bisa muncul di halaman Google Shopping.
Video Campaign
Video campaign adalah iklan yang berbentuk video yang akan muncul dalam tayangan Youtube. Jenis iklan ini pun memiliki durasi yang beragam.
App Campaign
App campaign adalah iklan yang digunakan untuk mendorong audiens untuk melakukan penginstalan dan tindakan lain terhadap aplikasi yang diiklankan atau ditawarkan. Jenis Iklan ini akan ditampilkan di berbagai macam jaringan Google, seperti Youtube, Google Play, dan halaman penelusuran.
Susunan Iklan di Google Ads
Jika Anda tertarik untuk beriklan di Google Ads, maka Anda perlu memahami susunan iklan di Google Ads berikut ini :
Kampanye
Umumnya, para pemilik bisnis akan memiliki beberapa kampanye yang memiliki tema yang luas, dan setiap kampanye akan berisi grup iklan dengan kata kunci yang relevan dengan iklan teks, sehingga akan langsung mengarah ke landing page.
Grup Iklan
Di dalam masing-masing kampanye, akan ada grup iklan yang lebih spesifik. Grup iklan ini sebaiknya mengandung sebanyak 10 sampai 20 kata kunci saja dan tidak lebih.
Kata Kunci
Kata kunci juga termasuk ke dalam setiap grup iklan. Jika ada seseorang yang menuliskan kata kunci di kolom pencarian Google, maka hasilnya akan dicocokkan dengan kata kunci yang terdapat pada Google Ads.
Anda bisa mengoptimalkan strategi kata kunci dari waktu ke waktu.
Teks Iklan
Teks iklan ini sebenarnya akan muncul ketika iklan yang Anda pasang cukup relevan dengan hasil pencarian dari Google. Setiap grup iklan setidaknya harus memiliki sebanyak 2 sampai 3 iklan yang akan mengarah ke halaman landing yang sama.
Landing Page
Landing page merupakan pusat dari kampanye yang penting dalam pemasaran bisnis Anda. Dari halaman ini, Anda bisa mengajak audiens yang sedang melihatnya untuk pergi mengunjungi situs web yang Anda iklankan tersebut.
Untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda bisa membuat desain landing page dengan serapi dan sebagus mungkin. Anda juga bisa memasukkan kata kunci pada judul teks dan memilih kombinasi warna yang kontras dan menarik.
Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis iklan di Google Ads dan susunan iklan di Google Ads yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki bisnis yang menggunakan jasa kelola Instagram, Anda bisa menambahkan Google Ads sebagai salah satu pendukung untuk mengembangkan bisnis anda dengan baik dan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal