Tempat Rehabilitasi Narkoba di Indonesia

  • 2 min read
  • Sep 14, 2021

Saat ini, tempat rehabilitasi narkoba jakarta sudah tersebar luas di seluruh provinsi Indonesia. Hal tersebut sebagai bentuk bahwa pemerintah sangat fokus dalam menekan angka penggunaan narkoba. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan rehabilitasi, bisa ajukan langsun.

Cara Mendaftar di Tempat Rehabilitasi Narkoba Terdekat

Untuk bisa sembuh dan lepas dari ketergantungan narkoba, tentu harus ditangani secara serius oleh ahlinya. Oleh karena itu pemerintah menyediakan tempat rehabilitasi diseluruh provinsi di Indonesia agar dapat diakses siapapun. Berikut beberapa cara mendaftarnya.

  1. Membuat Surat Pengajuan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan layanan rehabilitasi adalah membuat surat pengajuan. Permohonan tersebut diajukan kepada pihak terkait yaitu IPWL. Institusi Pertawa Wajib Lapor menerima ajuan bagi siapapun yang ingin rehabilitasi.

Namun, dalam surat pengajuan tentu memiliki format ketentuan. Anda bisa mencari informasi selengkapnya pada Website terkait atau BNN dan lainnya. Nantinya akan dali arahkan ke setiap tahap yang perlu dilakukan. Perihal biaya sejauh ini bersifat gratis.

  1. Mendaftar Secara Online

Selain mendaftar secara manual dengan mengajukan surat permohonan, kini Anda dapat memanfaatkan metode online. Pihak BNN menyediakan sebuah Website agar masyarakat bisa mendaftar secara mudah. Disana ada berbagai langkah guna mengajukan rehabilitasi.

Perihal langkahnya pun tergolong sangat mudah. Anda akn diarahkan dalam setiap tahapan pendaftaran. Website tersebut memang dengan dibuat guna memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan layanan rehabilitasi. Jadi tidak perlu mengajukan secara langsung.

  1. Aktivasi Pendaftaran

Setelah proses mendaftar, untuk bisa menikmati layanannnya Anda perlu melakukan aktivasi akun terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan guna memastikan atau mengonfirmasi pengguna. Kemudian barulah akan masuk ke proses selanjutnya jika tahap aktivasi sudah dilakukan.

Jika semua proses berlangsung secara lancar dan pengajuan diterima, maka masuk ke tahap selanjutnya. Pihak BNN umumnya akan merekomendasikan tempat rehabilitasi narkoba terdekat atau sesuai domisili. Nantinya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi.

  1. Hasil Tes Urine dan Medis Lainnya

Apabila proses pengajuan diterima dan direkomendasikan tempat rehabilitasi, maka selanjutnya tahap pemeriksaan lanjut. Dalam hal ini calon pasien akan melewati beberapa proses. Beberapa diantaranya ialah tes urine.

Tes urine dilakukan guna memastikan positif atau negatifnya calon pasien terhadap pemakaian narkoba. Selain itu, langkah selanjutnya pemeriksaan media lebih lanjut. Tujuan untuk mengetahui kesehatan pecandu serta jenis narkoba yang dikonsumsi.

  1. Persetujuan Pihak yang Bertanggung Jawab

Terlepas dari itu semua, untuk bisa mendapatkan layanan rehabilitasi maka diperlukan persetujuan dari pihak bertanggung jawab. Bisa melalui orang tua, kerabat dekat atau lainnya yang siap mengawasi proses rehabilitasi. Hal ini dipenuhi guna memudahkan prosesnya.

Tentukan salah satu atau pihak yang bisa bertanggung jawab atas berlangsungnya proses rehabilitasi narkoba. Pada dasarnya tidak perlu orang tua, siapapun yang penting memiliki ikatan dan mau bertanggung jawab. Pasalnya akan ada berbagai prosedur lainnya.

  1. Menyelesaikan Administratif

Meskipun layanan rehabilitasi tidak dipungut biaya atau gratis tentu Anda harus menyelesaikan proses administrasi. Dalam hal ini bukan hanya perkara biaya melainkan dokumen yang dibutuhkan. Seperti identitas calon pasien dan masih banyak lagi.

Pastikan bahwa semua dokumen yang dibutuhkan oleh pihak terkait bisa dipenuhi. Siapkan segala kebutuhan selama berlangsungnya proses rehabilitasi. Perihal jangka pemulihannya cukup bervariatif. Hal ini bergantung pada seberapa jauhnya penggunaan narkoba.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara mendaftar di tempat rehabilitasi narkoba terdekat. Dengan adanya panti rehabilitasi diseluruh Indonesia tentu memudahkan akses masyarkat yang ingin menggunakan layanannya. Sehingga tidak perlu perhi ke kota besar.