Tips Menghilangkan Karang Gigi dengan Cara Alami

  • 2 min read
  • May 06, 2020
Tips Menghilangkan Karang Gigi

Gigi dan mulut merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya dengan baik. Bukan tanpa alasan, organ ini menjadi bagian pertama yang melakukan kontak langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa bagian mulut terutama gigi, rentan terdapat kotoran dari sisa-sisa makanan dan minuman. Kami akan berbagi tips menghilangkan karang gigi dibawah.

Pada saat gigi tidak dibersihkan dengan teratur dan baik, dengan ini kotoran dari sisa makanan tersebut dapat menempel dan bertahan di sela-sela gigi atau disebut dengan plak gigi. Dengan semakin lama plak gigi yang semakin menumpuk dan jarang dibersihkan dengan baik, bisa jadi akan mengeras dan menjadi karang gigi. Keadaan ini akan lebih parah, karena karang gigi dapat menjalar dan menyebabkan radang pada gusi.

Bukan hanya itu, munculnya karang gigi juga dapat mengganggu penampilan. Gigi menjadi terlihat kotor dan tidak sehat. Kebanyakan dari sekien orang, bisa saja dengan munculnya karang gigi bisa mengurangi rasa percaya diri karena bau mulut yang ditimbulkannya. Tapi tidak perlu khawatir, terdapat bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi bahkan membersihkan karang gigi. Bahan ini pun dipercaya aman dan tidak memberikan efek samping negatif.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang ampuh dan bisa dicoba di rumah.

  • Menggunakan Pasta Gigi dengan Flouride

Dengan membiasakan dengan gosok gigi, anda juga harus selalu memperhatikan kandungan zat yang ada dalam pasta gigi tersebut. Pasta gigi yang baik adalah yang mengandung fluoride. Kandungan ini dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Bukan hanya itu, kandungan fluoride juga berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami. Dengan anda selalu memperhatikan hal ini, dapat menghilangkan karang gigi dilakukan lebih efektif.

  • Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Untuk meminimalisir munculnya karang gigi, bisa dilakukan dengan mengurangi atau menghindari makanan dan minuman yang manis. Pasalnya, bakteri akan cepat tumbuh pada makanan dan minuman yang memiliki rasa manis.

Untuk itu, perlu mengurangi bahkan kalau bisa lebih baik menghindari makanan dan minuman manis. Apabila anda masih sesekali mengkonsumsi-nya, perlu diimbangi dengan minum air putih yang cukup, berkumur dan sikat gigi sesudahnya.

  • Mengurangi atau Menghindari Kebiasaan Merokok

Perlu anda ketahui bahwa kebiasaan merokok dapat memunculkan karang gigi dan cokelat kehitaman pada gigi dan sela-sela gigi. Hal ini tidak lain disebabkan oleh zat-zat yang terdapat dalam rokok tersebut. Bahkan karang gigi yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok lebih sulit dihilangkan dibandingkan karang gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan.

Untuk itu sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi, perlu mengurangi bahkan sebisamungkin menghindari kebiasaan buruk ini.

  • Gosok Gigi Teratur 2 Kali Sehari

Menggosok gigi secara teratur dua kali sehari, adalah salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Bukan baunya menghilangkan, kebiasaan menggosok gigi secara teratur juga dapat mencegah munculnya karang gigi. Tetapi perlu diperhatikan, menggosok gigi rutin saja tidak cukup. Gosok gigi juga harus dilakukan dengan benar supaya gigi bersih sempurna.

Menggosok gigi yang benar, tidak boleh dilakukan secara cepat dan terburu-buru. Melakukan gosok gigi pada umumnya dilakukan selama 2 menit dengan gerakan memutar dan menjangkai semua sela-sela gigi. Dan lebih mudahnya, akan dilakukan dengan menggunakan sikat dengan bulu yang sangat lembut dan ramping agar dapat membersihkan sisa-sisa kotoran sampai dengan ke sela-sela gigi.