Trik HR: Coba Dulu Full Fitur Software HRD Secara Gratis

  • 3 min read
  • Sep 22, 2020
Coba Dulu Full Fitur Software HRD Secara Gratis

Setelah memilah-milih aplikasi HRD, menanyakan rekomendasi pada industri sejenis, membaca produk terbaik dalam negeri. Tentu juga menilai fitur software, apakah cocok dengan proses bisnis, yang mempersempit pilihan penyedia, kini saatnya mencoba software HRD dengan full fitur secara gratis.

Demo gratis dapat membantu Anda melihat apa yang ditawarkan sistem, bagaimana sistem informasi cuti pegawai berbasis web akan benar-benar bekerja dalam proses perusahaan Anda.

Mencoba Gratis Software HRD

Seperti halnya dengan produk lainnya, aplikasi HRD dirancang untuk pengguna yang telah ditarget agar menjaga keidealan produk. Kebutuhan perusahaan kecil, sedang, dan besar, dapat saja berbeda dan tidak semua aplikasi dapat memenuhi segala ukuran perusahaan.

Pertanyaannya adalah: apa software HRD yang cocok untuk perusahaan Anda? Harga aplikasi pun tidak hanya memposisikan produk, tetapi juga fitur, instalasi, biaya pelatihan, dan lamanya waktu yang diperlukan untuk implementasi perangkat lunak.

Saat akan mencoba gratis software HRD, berhati-hatilah terhadap penyedia yang menggunakan kata-kata seperti “bebas risiko” atau “demo gratis tanpa biaya”, sebelum menyetujui periode demo gratis apapun, pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan secara jelas.

Banyak penyedia nakal yang membuat Anda dapat membatalkan software tanpa penalti, tetapi akan diminta membayar seluruh penggunaan sistem jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan software.

Jangan tertipu juga oleh harga, produk dengan harga lebih rendah seringkali dirasa sebagai produk yang tepat, karena menghemat waktu dan uang yang begitu substansial bagi perusahaan.

Jangan tertipu oleh presentasi yang menarik saja, karena produk yang tepat adalah produk yang dapat dengan mudah dipelajari dan digunakan hari demi hari, yang membantu menyelesaikan pekerjaan. Tak melulu soal tampilan paling keren.

Jangan juga terkecoh dengan daftar fitur yang panjang. Sebab, produk yang tepat adalah yang memenuhi kebutuhan Anda bukan yang memiliki daftar terpanjang. Tetapi, pengecualian dalam hal ini, Anda harus tetap mencoba gratis software HRD dengan full fitur yang dihadirkan, sehingga tahu jika ada tambahan lain yang mungkin saja Anda butuhkan.

Kemudian selain mencoba dengan full fitur, bagaimana menilai bahwa software HRD dirasa tepat untuk dipilih?

1.   Kesederhanaan Dashboard

Kesederhanaan dashboard HR mungkin sudah terlihat ketika mencoba demo produk secara gratis, tetapi kesederhanaan belum tentu sama ketika Anda mulai menggunakan produk tersebut.

Dashboard HR terlihat tampak nyaman di mata, tetapi, ketika mulai implementasi, apakah mudah untuk menemukan fitur serta fungsi yang sering digunakan oleh perusahaan Anda? Apakah dashboard dapat dikostumisasi?

Selama uji coba, coba gunakan dan berikan beberapa tugas ke sebagian karyawan dalam perusahaan dari departemen yang berbeda, kemudian meminta feedback mengenai kemudahan penggunaan aplikasi.

2.   Kesesuaian Fitur

Kesesuaian fitur dengan kebutuhan perusahaan harus ditentukan sebelum mencoba demo gratis. Memanfaatkan dengan beberapa uji coba terhadap software HRD yang berbeda dapat benar-benar membantu Anda menempatkan kompatibilitas aplikasi. Demo gratis dapat menemukan ketidakcocokan yang tidak terlihat selama meriset produk tersebut.

3.   Transisi Demo Gratis ke Penggunaan

Ketika demo gratis sedang dijalankan, inilah saatnya memutuskan apakah harus menyetujui paket dengan biaya tahunan atau bulanan dari penyedia aplikasi. Vendor Anda harus membuat proses yang sangat mudah ketika beralih dari “uji coba” ke “penggunaan yang sesungguhnya”.

Meskipun saat demo gratis perusahaan tidak menerapkan sistem secara sepenuhnya, namun tidak harus memulai semuanya dari awal atau hal mendasar dalam transisi adalah sebuah kelebihan tersendiri.

4.   Tambahan Harga pada Setiap Fitur

Vendor yang nakal mungkin saja menyediakan demo gratis software HRD dengan full fitur yang begitu lengkap dan sempurna untuk perusahaan. Namun, sebenarnya sangat banyak variasi harga untuk berbagai fitur yang disediakan.

Bahkan, beberapa penyedia “dengan sengaja” menambah fitur lain tanpa memberitahu terlebih dahulu bahwa fitur tersebut tersedia dengan syarat khusus atau dalam aplikasi yang berbeda.

Jadi, pastikan bahwa fitur yang Anda nikmati benar-benar disertakan dalam paket langganan yang Anda pilih nantinya.

5.   Dukungan Penyedia Aplikasi HRD

Penyedia aplikasi HRIS yang baik harus memandang Anda sebagai klien selama uji coba gratis, memberi perhatian dan rasa hormat sama seperti yang diberikan pada klien yang sudah membayar.

Dukungan dan layanan pelanggan yang minim dapat juga menambah masalah di masa mendatang. Pastikan Anda harus dapat menghubungi vendor aplikasi saat Anda membutuhkannya.

Jika Anda sedang mempertimbangkan beberapa penyedia, Talenta dapat menjadi pilihan software HRD perusahaan Anda. Dengan fitur absensi online, cuti & lembur online, hingga otomatisasi penggajian yang mendukung perusahaan Anda terus berkembang.

Hubungi Talenta atau coba demo gratis Talenta dan download aplikasi cuti berbasis web, kami akan dengan senang hati membantu Anda.