Sumber: koranindonesia.id

Punya anak kembar? Duh lucunya. Kemana-mana jadi pusat perhatian, apalagi bila orangtua mendadaninya dengan tepat.  Ya, Memiliki anak kembar merupakan anugrah tersendiri. Akan tetapi tidak semua pasangan dianugerahi peluang untuk memiliki anak kembar, bahkan untuk pasangan yang memiliki keturunan kembar pun tidak menjamin dapat punya anak kembar. Beberapa berpendapat mengatakan, memiliki anak kembar itu ditentukan oleh faktor genetik. Jika ada sanak saudara di keluarga yang memiliki riwayat serupa, maka peluang memiliki anak kembar juga cukup besar.

Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang masih ingin memiliki anak kembar ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Bagaimana cara membuat anak kembar? Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan memiliki anak kembar.

1. Anda Dan Pasangan Perlu Persiapan Mental Maupun Fisik

Langkah pertama tentu saja mempersiapkan diri. Anda dan pasangan perlu persiapan mental maupun fisik untuk kehamilan anak kembar. Hamil bayi kembar bisa menjadi pekerjaan yang sulit sehingga persiapan mental diperlukan, terutama bagi calon ibu. Mampukah anda menangani dan merawat dua bayi sekaligus? Satu bayi bisa sangat merepotkan, apalagi dua bayi. Jika jawabannya anda siap, maka lanjutkan! Namun jika anda ragu-ragu, sebaiknya tidak perlu program anak kembar. Selain mental, fisik harus disiapkan karena mengandung 2 jabang bayi tentu berbeda dengan 1 bayi. Berat beban saat anda mengandung harus anda pikirkan. Anda harus sehat, bugar dan memiliki fisik yang bagus. Jika anda malas merawat kebugaran, urungkan niat anda karena beresiko pada bayi dalam kandungan anda.

2. Obat-Obatan Untuk Kesuburan Dapat Meningkatkan Kesempatan Untuk Melahirkan Anak Kembar

Obat yang dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk segera hamil kemungkinan juga memberikan peluang untuk melahirkan anak kembar. Obat kesuburan membuat seorang perempuan menghasilkan lebih dari satu telur selama ovulasi yang dapat menggabungkan dua sperma berbeda

3. Riwayat Keluarga Perempuan

Salah satu faktor yang menyebabkan kehamilan kembar adalah faktor keturunan. Maksudnya, Jika dalam keluarga seperti ibu, nenek atau sepupu pernah melahirkan bayi kembar, maka Anda juga lebih mungkin untuk melahirkan anak kembar.

4.  Perempuan Yang Berusia Lebih Dari 35 Tahun Keatas

Perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun keatas saat melahirkan cenderung melahirkan anak kembar. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang lebih tua tampaknya lebih besar kesempatannya untuk hamil anak kembar dibanding perempuan yang lebih muda.

5. Perempuan Dengan Berat Badan Ideal Mempunyai Peluang Memiliki Anak Kembar Lebih Besar

Cara mendapatkan anak kembar berikutnya adalah memiliki berat dan tinggi badan yang ideal. Perempuan dengan berat badan ideal atau agak besar (tidak terlalu gemuk) mempunyai peluang memiliki anak kembar lebih besar dibandingkan perempuan yang kurus. Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Obstetri & Ginekologi juga mengatakan bahwa perempuan yang bertubuh tinggi juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melahirkan kembar. Jadi bentuk badan ideal Anda mulai sekarang. Tetapi harus tetap disertai dengan olahraga dan pola hidup yang sehat. Dengan melakukan olahraga dan pola hidup sehat akan membuat hormon di dalam tubuh meningkat. Sehingga bisa mempengaruhi percepatan proses ovulasi.

6. Mengkonsumsi Produk Susu Memiliki Peluang Lima Kali Lebih Tinggi Kemungkinan Hamil Kembar

Menurut Dokter Medis Long Island dikenal karena penelitiannya pada perempuan hamil dan beberapa kelahiran, perempuan yang mengonsumsi produk susu dan olahannya, terutama susu dari sapi memiliki peluang lima kali lebih tinggi kemungkinan hamil kembar. Menurut studi yang sama, seorang yang vegetarian memiliki sedikit kemungkinan hamil kembar.